Rutilahu 2022 Resmi Dibuka Oleh Kepala Staf Angkatan Laut -->

Iklan Semua Halaman

Rutilahu 2022 Resmi Dibuka Oleh Kepala Staf Angkatan Laut

Redaksi
Minggu, 29 Mei 2022

Surabaya - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono membuka pelaksanaan operasi Bakti TNI AL Rutilahu 2022, Minggu (29/05) bertempat di Kalianget Timur, Sumenep, Madura. Rutilahu merupakan program Kerjasama antara TNI AL dalam hal ini Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka melaksanakan renovasi Rumah Tidak Layak Huni menjadi Rumah Layak Huni bagi masyarakat di pesisir Jawa Timur.

Program Karya Bakti ini dilaksanakan oleh Staf Potensi Maritim dan Dinas Potensi Maritim Lantamal V. Pada tahun 2022 ini, sebanyak 225 Unit rumah masyarakat di pesisir Jawa Timur dari lima Kabupaten akan memperoleh renovasi yaitu Kabupaten Sumenep sebanyak 68 Unit, Probolinggo 30 unit, Situbondo  50 Unit, Bangkalan  47 Unit, dan Lamongan 37 Unit  yang akan selesai pada bulan September 2022 mendatang. 

Pada pembukaan operasi bakti tersebut, secara simbolis Laksamana TNI Yudo Margono melaksanakan peletakkan batu pertama di rumah yang akan mendapatkan renovasi di damping oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, serta Kepala Bakorwil Pamekasan Gunawan Saleh.

"Selain melaksanakan Rutilahu, TNI AL juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya di Sumenep seperti penanaman mangrove di pesisir, bakti sosial, pengobatan gratis dan vaksinasi bagi masyarakat, hingga terjun payung dan kirab kota dari Taruna AAL untuk memperkenalkan TNI AL pada masyarakat Sumenep", ungkap Laksamana TNI Yudo Margono.(Red)