Tinjau Vaksinasi dan Penangkaran Mutiara di Malra, Pangdam Pattimura Berharap Tingkat Ekonomi Masyarakat Meningkat -->

Iklan Semua Halaman

Tinjau Vaksinasi dan Penangkaran Mutiara di Malra, Pangdam Pattimura Berharap Tingkat Ekonomi Masyarakat Meningkat

Redaksi
Sabtu, 12 Maret 2022

Maluku - Kegiatan vaksinasi untuk masyarakat umum berlangsung di Gedung Serbaguna Larwul Ngabal Pemda Maluku Tenggara, Jumat (11/03/2022). Program yang dilaksanakan kolaborasi antara Kesdam XVI/Pattimura, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Dinas Kesehatan serta Puskesmas setempat, mendapat pantauan langsung dari Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon dan Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Ny. Selly Richard Tampubolon beserta rombongan.

Peninjauan tersebut untuk memastikan program vaksinasi bagi  masyarakat umum ini berjalan aman, lancar dan tepat sasaran serta  memastikan masyarakat dapat divaksinasi dengan baik. 

Pangdam Pattimura mengatakan masyarakat agar tidak ragu untuk divaksin COVID-19. Karena vaksinasi ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk memutus matai rantai penyebaran COVID-19.
"Vaksinasi ini sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, meciptakan kekebalan terhadap virus dan sekaligus langkah pemulihan ekonomi karena masyarakat bisa beraktivitas secara normal, tentunya dengan tetap mematuhi prokes," kata Pangdam.

Pangdam XVI/Pattimura mengapresiasi kepada seluruh pihak yang bahu membahu menyelenggarakan vaksinasi ini dengan berbagai tantangan dan hambatan yang ada di lapangan, seperti kondisi geografis maupun penerimaan atau persepsi masyarakat terhadap vaksin ini. Pangdam menilai bahwa edukasi kepada masyarakat penting untuk dilakukan.
"Dengan adanya  edukasi kepada masyarakat, diharapkan dapat menyatukan pemahaman  bahwa vaksin ini penting dan perlu. Sehingga lambat laun masyarakat semakin terbuka mau menerima vaksinasi. Kini capaian vaksin di Maluku Tenggara mencapai 77%, kita berharap akan terus meningkat." jelas Pangdam.

Pangdam juga menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 yaitu dengan selalu menerapkan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, manghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). Upaya tersebut harus dilakukan untuk pencegahan terhadap penyebaran virus corona.

Pada kegiatan vaksinasi kali ini, vaksinator yang dilibatkan 4 Tim berasal dari Tim Kesdam XVI/Pattimura, Dinkes Malra, Puskesmas Watbek dan Puskesmas Rumat dengan menyediakan vaksin  jenis Sinovac, Pfizer dan AstraZeneca. Terlihat masyarakat sekitar antusias mengikuti vaksinasi dengan tertib menunggu giliran untuk divaksin.

Hari ini sebanyak 562 masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara telah menerima vaksin, baik dosis pertama , kedua maupun booster. Ini sudah melebihi  target awal sebesar 500 orang, tapi kegiatan terus dilanjutkan untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Usai meninjau pelaksanaan vaksin, Pangdam beserta rombongan mengunjungi PT Nusantara Pearl Ohoiwa (Penangkaran Mutiara) yang berada di Desa Selayar, Maluku Tenggara. Disana Pangdam beserta rombongan disambut Pemilik Penangkaran Mutiara, Robert Sukendi. Selanjutnya Pangdam menerima paparan singkat tentang pembudidayaan mutiara oleh Staf PT Nusantara Pearl Ohoiwa. Selain itu Pangdam dan rombongan juga meninjau langsung tempat penangkaran budidaya mutiara.

 Pada  kesempatan tersebut Pangdam berharap budidaya mutiara ini dapat membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. "Budidaya mutiara ini bagus bila bisa diikuti dan dikembangkan masyarakat sekitar, sehingga tingkat ekonomi mereka semakin meningkat," harap Pangdam (Red)