Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi Tutup Usia,Danlantamal V Sampaikan Duka Cita Mendalam -->

Iklan Semua Halaman

Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi Tutup Usia,Danlantamal V Sampaikan Duka Cita Mendalam

Redaksi
Selasa, 08 Maret 2022

Surabaya - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr. (Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP, atas nama pribadi dan jajaran Lantamal V menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas meninggalnya salah satu prajurit terbaik TNI AL Pelda KKO (Purn) Soegimin pada Minggu (06/03) di Surabaya. 

Pelda (Purn) Soegimin merupakan salah satu dari sembilan orang personel TNI AL yang telah berjasa mengangkat jenazah tujuh pahlawan revolusi di Lubang Buaya pada tahun 1965.

Hal tersebut diungkap melalui pesan elektronik yang diunggah di media sosial resmi milik Lantamal V Surabaya pada Senin, (7/03).  

Almarhum Pelda (Purn) Soegimin menghembuskan napas terakhirnya di usia 83 tahun pada Minggu 6 Maret 2022 sekitar pukul 15.47 WIB, karena sakit dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan Surabaya. Selanjutnya jenazah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 November Surabaya, dengan pelaksanaan upacara militer.

Dalam kesempatan terpisah, Komandan Lantamal V juga berpesan agar generasi penerus untuk tidak melupakan sejarah bangsa, mengutip ungkapan Proklamator RI Ir. Soekarno "Jas Merah", jangan sekali-kali meninggalkan sejarah pesannya. 

"Dedikasi dan loyalitas beliau Pelda (Purn) Soegimin dalam menjalankan tugas bagi negara dan bangsa mutlak harus diteladani, dan dilaksanakan oleh generasi penerus saat ini, khususnya para prajurit TNI AL", ungkap Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi. 

Hal tersebut juga selaras dengan Perintah Harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam membangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman.(AD)