Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Bersama Warga Bersinergi Bersihkan Tempat Pemakaman Umum -->

Iklan Semua Halaman

Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Bersama Warga Bersinergi Bersihkan Tempat Pemakaman Umum

Redaksi
Kamis, 27 Januari 2022

Aceh Barat - Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Kodim 0105/Abar Serda Wawan bersama warga masyarakat bersinergi melakukan gotong royong pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berada di Desa Kampung Belakang Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (27/1/2022)

Kekompakan dan keakraban antara Babinsa dengan warga tampak begitu jelas saat bahu membahu membersihkan rumput liar, ilalang hingga sampah tak bertuan yang ada di areal Makam. Tak jarang aksi Babinsa memicu semangat para warga.

Serda Wawan mengatakan, kegiatan gotong royong seperti ini bukan hanya sekedar kepedulian terhadap lingkungan wilayah binaannya, sebab, membantu kesulitan masyarakat sudah diyakini menjadi tanggung jawab seorang Aparat Teritorial, terutama Babinsa yang memang bagian dari Masyarakat. 

"Kehadiran Kami yang membaur dengan masyarakat tanpa adanya sekat - sekat diharapkan dapat memacu semangat para warga. Dengan demikian maka semangat kebersamaan akan mudah terbangun dan muaranya pelaksanaan pembersihan ataupun perawatan Makan akan cepat selesai dengan maksimal", ungkap Serda Wawan

Sedangkan Danramil 07/Johan Pahlawan Kapten lnf Hendra Saputra di tempat terpisah menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan salah satu bukti nyata Kemanunggalan TNI dengan Rakyat di segala bidang. Selain budaya, gotong royong juga bagian dari implementasi Binter Koramil.

"Keselarasan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga secara bersama - sama, termasuk tanggung jawab moral membersihkan Pemakaman Umum. Disamping positif, ini juga bisa menumbuhkan semangat gotong royong warisan budaya bangsa. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peka lagi tentang pentingnya gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal. Pembersihan Makam ini bisa dimaknai sebagai bentuk rasa hormat untuk menghargai jasa para leluhur yang telah mendahului Kita", tandas Danramil.(Red)