40 Siswa Dikmapa PK Khusus Kesehatan TNI AL Lulus Tahap Kematraan -->

Iklan Semua Halaman

40 Siswa Dikmapa PK Khusus Kesehatan TNI AL Lulus Tahap Kematraan

Redaksi
Minggu, 02 Januari 2022

Surabaya - Sebanyak  40 orang siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) PK  khusus kesehatan TNI Angkatan Laut  Angkatan XXVIII T.A.  2021 selesai mengikuti pendidikan tahap kematraan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal). Penutupan pendidikan dipimpin Komandan Komando Pendidikan Oprasi Laut (Kodikopsla) Laksamana Pertama OC. Budi Susanto dilaksanakan di gedung Betelques,  Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jumat, (31/12).

Ke-40 Perwira Siswa ini  telah mengikuti pendidikan tahap lanjutan gabungan (kematraan) selama 1,5 bulan di sekolah fungsi Pusdiklapa. Sementara itu, rincian 40 siswa tersebut yakni 24 orang dokter umum, 3 orang dokter gigi, 2 orang Sarjana Gizi, 7 orang Apoteker, 3 orang Sarjana Keperawatan dan 1 orang sarjana elektro medis. 

Dankodikopsla  dalam sambutanya menyampaikan ucapan  selamat atas keberhasilan para perwira dalam menyelesaikan pendidikan tahap kematraan. Ditambahkannya para perwira  akan menjalani  pendiidikan golongan lanjutan (Diksargolan) di Pusdikes, sehingga sebagai  perwira dituntut  untuk terus belajar  mengikuti perkembangan lingkungan strategis dan situasi kondisi nasional terkait perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan  tidak cukup hanya sekedar mengetahui lingkungan penugasannya saja, terlebih di tengah perkembangan teknologi era revolusi industri 4.0 

Lebih lanjut Dankodikopsla berharap kepada para  perwira semoga mampu memahami semua materi yang telah diberikan dengan baik, tidak saja pada saat menempuh pendidikan, namun penerapan penugasan di lapangan, hal ini merupakan refleksi kemampuan para perwira dalam menyerap dan mengaplikasikan  ilmu  yang  diperoleh  selama  mengikuti proses pendidikan, karena dari sinilah bisa dilihat keberhasilan yang sesungguhnya dari proses pendidikan yang telah di jalani

Dikatakan Dankodikopsla   bahwa kegiatan pendidikan tahap kematraan ini merupakan salah satu bentuk penyiapan sumber daya manusia (SDM)  TNI  AL  yang  profesional,  modern   dan tangguh. Pendidikan tahap kematraan ini sejalan dengan  prioritas  utama  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)  Laksamana TNI Yudo Margono dan  visi nasional pemerintah dalam  memajukan bangsa Indonesia melalui peningkatan SDM. 
Hadir dalam penutupan tersebut  Komandan Kodikdukum, Wadankodikopsla, Komandan Pusdiklapa dan Para Komandan sekolah di bawah Kodikopsla.(AD)