ScanEagle Pesawat Udara Tanpa Awak Skuadron 700 Puspenerbal Jaga Kedaulatan Laut NKRI -->

Iklan Semua Halaman

ScanEagle Pesawat Udara Tanpa Awak Skuadron 700 Puspenerbal Jaga Kedaulatan Laut NKRI

Redaksi
Rabu, 01 Desember 2021

Sidoarjo  - Pesawat Udara  Tanpa Awak (PUTA) ScanEagle merupakan pesawat yang mampu melaksanakan fungsi ISR (intelligent, surveillance dan reconnainsance) yang merupakan salah satu unsur PUTA  Skuadron 700 Wing Udara 2 Puspenerbal dengan Komandan Letkol Laut (P/W) Eni Ambarsari. Beliau juga merupakan Pilot wanita Puspenerbal TNI Angkatan Laut.


Letkol Eni Ambarsari mengatakan secara umum Pesawat tanpa awak ScanEagle di siapkan untuk melaksanakan misi pengintaian udara  untuk memburu target musuh secara senyap dan tepat. 


Lanjut Eni sapaan akrabnya bahwa pesawat ScanEagle juga untuk menjaga keamanan perbatasan serta siap membantu dalam operasi kemanusian diantaranya SAR, bencana alam, perlindungan aset negara dan kebakaran hutan, ujarnya.


Perlu diketahui kelebihan Pesawat Udara Tanpa Awak (PUTA) ScanEngle ini tidak memerlukan landasan pendaratan, namun pesawat ini di luncurkan dari peluncur portabel. Dengan beroperasinya pesawat tanpa awak ScanEagle ini Alutsista TNI Angkatan Laut menjadi lebih kuat dan berkelas dunia, untuk menjaga kedaulatan darat, laut, udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari gangguan pihak asing.(AD)