Perwira Menegah STTAL Mengikuti Sosialisasi _Probity Audit_ bagi APIP TNI AL. -->

Iklan Semua Halaman

Perwira Menegah STTAL Mengikuti Sosialisasi _Probity Audit_ bagi APIP TNI AL.

Redaksi
Selasa, 07 Desember 2021

Surabaya - Perwira Menengah STTAL yang di wakili Kabid Penjamin Mutu Internal STTAL Mayor Laut (KH) Sukarno, S.T., M.T., dan 
Kabag It STTAL Mayor Laut (P) A.S. Julianto mengikuti jalannya sosialisasi _Probity Audit_ yang dibuka oleh Inspektur Jenderal TNI Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Sunaryo, CFrA., dalam acara Sosialisasi _Probity Audit_ dihadapan para peserta secara tatap muka yang dihadiri para Inspektur, Seklem dan Ka SPI dari berbagai Kotama TNI Angkatan laut dari Gedung Auditorium Denma Mabesal dengan melaksanakan protokol kesehatan serta secara virtual bagi Satker luar jakarta. Selasa (8/12/2021)

Dalam sambutan  pembukaannya Irjenal menyampaikan bahwa hasil _zoom meeting_ bersama BPKP bahwa permasalahan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) yang menjadi topik ditahun 2021 secara umum antara lain rendahnya penyerapan anggaran khususnya di TW I dan TW II karena lambatnya pelaksanaan PBJ. Dan hal lain yang menghambat penyerapan anggaran di semester I tahun 2021, dikarenakan adanya tambahan anggaran/alokasi K/L sedangkan pada semester II permasalahan _refocusing_ dan relokasi anggaran sebagai dampak kebijakan anggaran oleh Kementerian Keuangan terkait penanggulangan _covid-19_, sehingga K/L belum dapat melaksanakan kegiatannya sebelum _refocusing_ anggaran ditetapkan.

Pada kesempatan zoom.meeting dengan pihak BPKP, telah dilaksanakan pencerahan tentang _Probity Audit_ yang difokuskan pada PBJ. _Probity Audit_ sebagai bentuk _Assurance_ dan merupakan instrumen dalam rangka mencegah terjadinya _Fraud_ / Korupsi khususnya dalam pelaksanaan PBJ.

_Probity Audit_ dilakukan selama proses PBJ berlangsung pada setiap tahapan yaitu tahap perencanaan, persiapan, pemilihan penyedia, pelaksanaan, serah terima barang sampai dengan _output_ dan _outcome_.  Kegiatan sosialisasi _Probity Audit_ di jajaran APIP TNI Angkatan Laut bertujuan untuk meningkatkan peran APIP sehingga mampu mendeteksi dan mencegah atas kemungkinan penyimpangan khusunya dalam proses PBJ.

Adapun lima penekanan yang disampaikan Irjenal pada sosialisasi Probity Audit yakni a) Hasil Sosialisasi _Probity Audit_ dapat dijadikan tambahan pengetahuan dalam pelaksanaan pengawasan b) Beberapa hal yang telah disampaikan oleh Narasumber dapat dijadikan pedoman untuk diterapkan dalam pelaksanaan pengawasan khususnya dalam PBJ c) Tingkatkan pengetahuan dan kemampuan yang berhubungan dengan proses PBJ d) Ikuti perkembangan ketentuan PBJ agar dalam pelaksanaan pengawasan dapat ditentukan kriteria yang tepat sesuai kondisi yang ditemukan e) laksanakan pengawasan secara independen dan obyektif sehingga diharapkan temuan auditor eksternal dapat diminimalisir secara optimal.

Kegiatan sosialisasi _Probity Audit_ menghadirkan dua narasumber Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP Dr. Faisal, CA., CSEP., QIA., CGCAE., dengan menyampaikan materi tentang _Probity Audit_ untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengadaan barang dan jasa pada sesi pertama selanjutnya pada sesi kedua oleh Koordinator  Pengawasan Bidang Pertahanan BPKP Henry Marvin, AK., M.AC., didukung para Auditor BPKP, dengan dilanjutkan pembahasan studi kasus dan sesi tanya jawab oleh para peserta terdiri dari para Inspektur Kotama TNI AL., para Perwira Staf Itjenal baik yang hadir langsung maupun secara virtual.(AD)