Komandan STTAL Hadiri Serah Terima dan Pentahbisan Dua Unit Heli Latih Bell-505 Oleh Kasal -->

Iklan Semua Halaman

Komandan STTAL Hadiri Serah Terima dan Pentahbisan Dua Unit Heli Latih Bell-505 Oleh Kasal

Redaksi
Rabu, 08 Desember 2021

Surabaya - Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) yang di Komandani Laksamana Muda TNI Erwin, S.H., M.Han., menyelenggarakan acara Serah Terima dan Pentahbisan Heli Latih Bell-505 yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono, yang dihadiri Ketua Jalasenastri ibu Vero Yudho Margono, para pejabat Mabesal, pejabat TNI AL wilayah Surabaya /Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksamana  Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., M.Tr. Opsla., didampingi Ketua CBS Jalasenastri Ny. Ina Avando  serta tamu undangan lainnya bertempat di Apron Museum Penerbangan TNI Angkatan Laut  Lanudal Juanda, dengan tetap laksanakan protokol kesehatan. Rabu (9/12/2021)

Pada rangkaian acara tersebut diawali pembacaan narasi dengan dilaksanakannya  Salute Passing, oleh enam (6) unit Pesawat Udara Bonanza didukung mobil PMK  melaksanakan Water Salute, dirangkai dengan acara laporan kesiapan penyerahan helikopter latih single engine Bell-505 oleh Direktur PT. Atamora Teknik Makmur, penandatanganan berita acara serah terima 2 (dua) unit helikopter latih Bell-505 serta penyerahan miniatur helikopter latih Bell-505 dari PT Atamora Teknik Makmur kepada Kasal.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudho Margono dalam sambutan tertulisnya menyampaikan kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahannya pada hari ini dapat hadir mengikuti acara serah-terima dua unit helikopter Bell-505 di Puspenerbal.

Kita ketahui bersama serah terima dan pentahbisan 2 unit helikopter latih single engine Bell-505 dari PT. Atamora teknik makmur selaku penyedia kepada TNI Angkatan Laut, secara resmi telah menjadi bagian jajaran penerbangan TNI Angkatan Laut dibawah pembinaan Puspenerbal.

Penyerahan 2 unit helikopter Bell-505 ini merupakan proses yang sedang kita wujudkan dalam integrasi pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut secara umum, hadirnya kekuatan dua unit helikopter ini menambah kemampuan penerbangan khususnya bagi skuadron udara 200 udara 2 Puspenerbal, melaksanakan fungsi membina dan menyelenggarakan latihan-latihan individu awak pesawat udara TNI Angkatan Laut, yang tidak terpisahkan dari Sistem Senjata Armada Terpadu memiliki peran dan fungsi sangat vital dari kepanjangan Armada perang dengan keunggulan aspek kecepatan dan manuver pada unsur udara sebagai dasar dalam melaksanakan tugas pengendalian udara maritim peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal permukaan, pendaratan pasrat lintas pulau dan dukungan logistik cepat.

Penerbangan TNI Angkatan Laut dilengkapi berbagai jenis unsur udara rotary wing yang memiliki fungsi asasi, bahkan dalam rangka beradaptasi kemajuan teknologi penerbangan saat ini. Secanggih apapun alutsista yang dimiliki TNI Angkatan Laut pengawak tetap menjadi faktor penentu, maka integrasi antara personel dan peralatan menjadi hal yang sangat penting dalam konteks inilah pesawat latih memiliki peran sentral dalam pembinaan profesionalisme prajurit Rajawali Laut.

Pada pelaksanaan tersebut didukung pasukan 1SST Squadron 400, 600, 800 wing udara II.(AD)