Gunung Semeru Meletus,TNI AL Lantamal V Kerahkan Satgas Penanggulangan Bencana Alam -->

Iklan Semua Halaman

Gunung Semeru Meletus,TNI AL Lantamal V Kerahkan Satgas Penanggulangan Bencana Alam

Redaksi
Selasa, 07 Desember 2021

Surabaya - Merespon terjadinya bencana alam meletusnya Gunung Semeru, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya langsung mengerahkan Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Alam. Sejumlah Pasukan dan personel tenaga kesehatan langsung dikerahkan pasca kejadian. Personel yang diterjunkan merupakan personel dari Dinas Kesehatan Lantamal V dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) V, serta Pangkalan TNI AL Malang dan Pangkalan TNI AL Banyuwangi yang berada di bawah jajaran Lantamal V, Koarmada II. 

"Ini merupakan respon cepat jajaran TNI AL Lantamal V dalam penanggulangan bencana alam di wilayah kerja Lantamal", hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, seusai memberikan instruksi pengerahan Satgas menuju Semeru. 

Ditambahkan lagi oleh Komandan Lantamal V, bersamaan dengan pengerahan pasukan ke wilayah bencana alam, jajarannya saat ini juga tengah membuka posko bantuan kemanusiaan TNI AL Lantamal V yang bertujuan guna mengumpulkan bantuan kemanusiaan baik itu dari institusi, satuan TNI, masyarakat, hingga sektor swasta, untuk secepatnya didistribusikan menuju lokasi bencana meletusnya Gunung  Semeru.

Ratusan Personel telah dikerahkan oleh Lantamal V Surabaya guna melaksanakan Satgas Penanggulangan Bencana Alam yang saat ini sudah berada di Posko Utama Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang Jatim.  Berbagai perlengkapan seperti tenda lapangan, obat-obatan, ambulance, dukungan kesehatan lainnya, hingga kendaraan taktis di kerahkan guna melaksanakan evakuasi serta pertolongan kepada masyarakat terdampak bencana.(AD)