Dirsarjana STTAL Mengikuti Webinar Peran Psikologi Dalam Pengembangan SDM Maritim. -->

Iklan Semua Halaman

Dirsarjana STTAL Mengikuti Webinar Peran Psikologi Dalam Pengembangan SDM Maritim.

Redaksi
Kamis, 02 Desember 2021

Surabaya - Indonesia merupakan negara maritim kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi  sumber daya kelautan dan perikanan dengan wilayah perairan sebesar 6.4 juta KM, yang terdiri dari 17.508 pulau, diantaranya  sekitar 6000  pulau berpenduduk, yang terletak dipersilangan wilayah Indonesia di benua Asia dan Australia dan diantara dua Samudra Hindia dan Pasifik menjadikan wilayah laut Indonesia khususnya sebagai jalur pelayaran yang sangat penting bagi dunia Internasional, hal ini di kupas dalam pembahasan di Webinar dengan Tema  "Peran psikologi dalam Pengembangan SDM Bidang Maritim Guna Mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia",  yang diselenggarakan Dinas Psikologi Angkatan Laut yang di ikuti Dosen Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) yakni Dirsarjana STTAL Kolonel Laut (KH) Dr. I Made Jiwa Astika, M.MT., melalui Online di ruang kerja Kampus STTAL Bumimoro Surabaya, yang dibuka Kepala Dinas Psikologi Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Dra. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog, sebagai Keynote Speaker. Rabu (1/12/2021)

Kegiatan Webinar ini dimaksudkan untuk mengajak  elemen masyarakat untuk bekerja sekeras - kerasnya mengembalikan kejayaan maritim bangsa Indonesia dengan diwujudkannya melalui berbagai bidang pembangunan di sektor maritim industri perkapalan, perikanan, transportasi, serta pada  keamanan maritim, hal ini terwujud dalam 5 pilar utama poros maritim dunia yakni, pembangunan budaya maritim, menjaga dan mengelola sumberdaya laut, komitmen pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim, membangun kekuatan pertahanan maritim.

Kegiatan webinar ini menghadirkan lima Nara Sumber  yakni; (a) Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi P., (Peran Binpotmar dalam Pengembangan Masyarakat Maritim guna Mendukung Pertahanan Negara); (b) Prof. Dr. Suryanto, M. Si., Psikologi dari Dekan Fakultas Psikologi Unair Surabaya (Modal Psikososial dalam Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia); (c) Prof. Ir. R. Sjarief Widjaya, P.h.D.,  FRINA., Pakar Bidang Maritim (Peran Psikologi Maritim TNI AL dalam Perwujudan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia); (d) Dr. Arif Budiarto, DESS Psikologi dari Dekan Fakultas Psikologi Unjan Bandung (Urgensi Pembentukan Asosiasi Psikologi Maritim); dan (d) Prof. Dr. Seger Handoyo,  Psikolog, Ketua Umum Pengurus Pusat HIMPSI 2018-2022 pembicara (Manfaat Pembentukan Asosiasi Psikologi Maritim dan Deklarasi Asosiasi Psikologi Maritimk, dengan dipandu Moderator Kasubdis Psipers Dispsial Kolonel Laut (KH) A. Rifai, S.Psi., M. PPO., Psikologi, bersama MC dari New Ancor & TV Host Heraldha Safira, Dip.ABRSM., S. Psi., dan  pada acara webinar tersebut disepakati pembentukan Asosiasi Psikologi Maritim melalui Forum dan Kadispsial Laksamana Pertama TNI Dra. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog ditunjuk sebagai Ketua.(AD)