Dankodiklat TNI AL Hadiri Penutupan Coast Guard Basic Training Tahun 2021 di Puslatdiksarmil -->

Iklan Semua Halaman

Dankodiklat TNI AL Hadiri Penutupan Coast Guard Basic Training Tahun 2021 di Puslatdiksarmil

Redaksi
Jumat, 03 Desember 2021

Sidoarjo - Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menghadiri upacara penutupan Coast Guard Basic Training (CGBT) Tahun 2021 yang dilaksanakan di lapangan Candradimuka Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) yang berlokasi di Juanda Sidoarjo. Adapun penutupan Coast Guard Basic Training dipimpin langsung Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia. Jumat, (3/12/2021). 

Coast Guard Basic Training Tahun 2021 ini merupakan kerja sama antara Bakamla RI dengan Kodiklatal, dalam hal ini Puslatdiksarmil, dalam rangka pengembangan profesionalisme dan pembentukan karakter personel Bakamla RI yang dilatih dan dididik untuk menjadi sosok para militer yang memiliki mental, sikap dan disiplin yang tinggi dalam menjalankan tugas yang menanti. Latihan yang telah berlangsung selama 3 bulan ini, diikuti oleh 119 siswa yang merupakan personel Bakamla RI, terdiri dari 93 orang pria dan 26 orang wanita. 

Dalam penutupan ini selain prosesi upacara juga disertai dengan rangkaian demontrasi unjuk kebolehan yang dilakukan oleh seluruh siswa Bakamla RI. Dalam penutupan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada siswa terbaik Coast Guard Basic Training Tahun 2021. 

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Kodiklatal, khususnya Danpusdiklatsarmil dan seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam melatih para siswa Bakamla RI baik siang dan malam dengan penuh tanggung jawab.

Ucapan selamat juga diberikan kepada para siswa Bakamla RI yang telah berhasil melewati berbagai pelatihan, "Berbanggalah kalian karena tidak semua personel Aparatur Sipil Negara memperoleh kesempatan mengikuti latihan seperti ini", ucap Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Menurutnya penempaan para siswa di Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil Kodiklatal ini diyakini sudah dapat membentuk personel Bakamla RI yang dapat diandalkan bagi organisasi dalam mengemban tugas-tugas Bakamla RI di masa mendatang.

Selain Dankodiklatal dan Kabakamla RI turut hadir  dalam acara ini para pejabat Utama Kodiklatal antara lain Direktur Pendidikan Laksma TNI Ali Triswanto, S.E., M.Si, Direktur Latihan Brigjen TNI (Mar) Widodo, Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo, Sedangkan dari Bakamla RI turut hadir Deputi Operasi dan Latihan Laksda Bakamla T.S.N.B. Hutabarat, Inspektur Laksma Bakamla Mulyono, Karo Ren dan Organisasi Laksma Bakamla Phundi Rusnandi, Karo Umum Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Enjud Darojat, serta Kepala Kantor Kamla Zona Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas. (AD)