AKSI TANGGAP DARURAT LANAL DENPASAR BANTU WARGA EVAKUASI POHON YANG TUMBANG DI JALAN RAYA SESETAN -->

Iklan Semua Halaman

AKSI TANGGAP DARURAT LANAL DENPASAR BANTU WARGA EVAKUASI POHON YANG TUMBANG DI JALAN RAYA SESETAN

Redaksi
Senin, 06 Desember 2021

Denpasar - Sejumlah wilayah di Indonesia diguyur cuaca ekstrem yang menyebabkan berbagai macam kerusakan. Peringatan dini sebetulnya telah dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar kita mewaspadai fenomena tersebut.

Dengan adanya intensitas curah hujan yang sangat tinggi di Indonesia khususnya di Pulau Bali banyak sekali daerah – daerah yang terdampak terutama banjir, tanah longsor dan pohon yang tumbang dikarenakan hujan deras dan angin kencang.

Setelah kota Denpasar diguyur hujan lebat dan angin kencang selama 3 hari terakhir ini pada hari Senin tanggal 6 Desember 2021 sekitar pukul 06.30 Wita bertempat di Jl. Raya Sesetan yang merupakan jalan poros di kota Denpasar Selatan terjadi pohon tumbang yang jatuh ke badan jalan sehingga menimpa atap bangunan yang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di Jalan Raya Sesetan Denpasar Selatan. 

Mengetahui hal tersebut Komandan Lanal (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., bertindak cepat memerintahkan Perwira Staf Operasi (Pasops) Mayor Laut (P) untuk segera membantu masyarakat mengevakuasi pohon yang sangat besar tersebut karena mengganggu aktivitas warga.

Pangkalan TNI AL Denpasar, bergerak cepat dalam Siaga Penanggulangan Bencana (Gulben) dan mengirimkan prajurit Lanal Denpasar, untuk membantu evakuasi tersebut dengan berkoordinasi dengan Dinas Ligkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar untuk mengirimkan alat potong pohon dan sarana angkutan untuk mengangkut pohon yang tumbang dan menggerakkan unsur Pomal untuk membantu mengatur Lalin.

Menurut warga sekitar pohon yang tumbang tersebut sudah berumur puluhan tahun, dan warga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan karena cuaca kedepan ini masih dirasa ekstrim maka warga menyampaikan untuk memotong atau memangkas pohon-pohon sepanjang Jalan Raya Sesetan dikarenakan pohon-pohon tersebut banyak yang berusia tua dan pohonnya tinggi-tinggi.

Atas nama Kadek warga Sesetan Denpasar Selatan, serta Kepala Lingkungan Banjar Lantang Bejuh mengucapkan terima kasih kepada TNI AL khususnya Lanal Denpasar yang telah bergerak cepat membantu mengevakuasi pohon yang tumbang tersebut sehingga kegiatan masyarakat bisa berjalan normal Kembali.

Menurut Komandan Lanal Denpasar Aksi tanggap darurat tersebut adalah bentuk kepedulian TNI AL, Lanal Denpasar, untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah bencana alam, sehingga merupakan kewajiban selaku unsur kekuatan TNI untuk siap siaga mengantisipasi bencana dengan menyiapkan sebaik mungkin personel dan material. Lanal Denpasar juga bekerja sama dengan TNI/Polri, BPBD Provinsi Bali, dan unsur terkait untuk menanggulangi bencana tersebut.

Dalam cuaca ekstrim ini tercatat ada beberapa pohon besar yang tumbang diantaranya didaerah Nusa Penida, Karang Asem, Bangli dan Sungai Pekutatan Kabupaten Jemberana meluap sehingga menggenangi rumah-rumah warga. _*(Red)*_