Unik, Suasana Vaksinasi Nelayan dan Pedagang Ikan di Pelabuhan Pendaratan Ikan Pomako Mimika -->

Iklan Semua Halaman

Unik, Suasana Vaksinasi Nelayan dan Pedagang Ikan di Pelabuhan Pendaratan Ikan Pomako Mimika

Redaksi
Jumat, 22 Oktober 2021

Papua -Di Mimika, Provinsi Papua ada inovasi unik yang dilakukan Lanal Timika, nelayan tradisional dan pedagang ikan menerima vaksinasi Covid-19 dengan tetap melakukan aktivitas kesehariannya masing-masing. Pemandangan khas Timika pun tercipta, antrean tertib nelayan dan pedagang berpakaian rapi menunggu proses vaksinasi. 

Pemandangan ini disaksikan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim oleh Lanal Timika di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako, Distrik Mimika Timur, Provinsi Papua, Jumat (22/10/2021). 

Serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Mimika dengan sasaran nelayan tradisional, pedagang ikan, dan pelajar dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahtjanto, S.I.P., dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam rangka mempercepat target capaian vaksinasi Covid-19 khususnya di kawasan PPI dan untuk mempercepat tercapainya herd immunity.

Vaksinasi yang menyasar nelayan, pedangan pasar, dan pelajar di PPI Pamoko juga bertujuan mempersiapkan proses pelaksanaan belajar mengajar dengan tatap muka para siswa dan guru, sekaligus untuk segera memulihkan perekonomian Mimika, Papua yang bertumpu pada perikanan dan hasil laut.

Serbuan vaksinasi maritim ini merupakan wujud nyata sinergitas TNI dan Pemerintah Daerah Timika bersama Forkopimda serta tokoh masyarakat, tokoh agama setempat dalam mendukung terlaksananya vaksinasi ini. Sinergitas komponen bangsa ini diperlukan guna mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Serbuan vaksinasi menggunakan vaksin jenis Sinovac untuk dosis 1 dan 2, tervaksin 153 orang ini melibatkan 18 tenaga kesehatan (Nakes) sebagai vaksinator yang berasal dari Balai Kesehatan Lanal Timika, Polsek KP3 Kawasan Pelabuhan Pomako, Koramil 1710-07/Mapurujaya, Sat Polairud Polres Mimika, Dinas Perikanan Kabupaten Mimika dan Puskesmas Mapurujaya.

Pada acara ini juga hadir Komandan Lantamal XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso, S.E., M.M., Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah, Wakil Ketua Jalasenastri Armada III Ny. Ratna Yeheskiel Katiandagho, Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Deni Indra Murdiyanto, S.Sos M.Tr. Hanla., M.M., dan beberapa pejabat lainnya. 
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P,.(Red)