Tiba di Etape-12 Bali, Taruna AAL Satlat KJK 2021 Display GS di Dermaga Benoa -->

Iklan Semua Halaman

Tiba di Etape-12 Bali, Taruna AAL Satlat KJK 2021 Display GS di Dermaga Benoa

Redaksi
Kamis, 28 Oktober 2021

Surabaya ,- Berhasil selesaikan pelayaran Etape ke -12 dari Cilacap - Jawa Tengah menuju Bali sejauh  452,89 NM, 112 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke - 68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 melaksanakan Display Gederang Suling Gita Jala Taruna AAL di Dermaga Pelabuhan Benoa, Bali, Kamis (28/10). 

Hadir dalam  Penerimaan Satlat KJK Taruna AAL tahun 2021 kali ini, Wakil Gubernur Provinsi Bali Prof  Dr. Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, di dampingi Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husain Sagaf, Waasops Kasal Laksma TNI Wasis Priyono, Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I. Komang Teguh Ardana, Komandan Pangkalan TNI AU I Gusti Ngurah Rai, Kolonel Pnb Reza R.R. Sastranegara, serta  unsur Forkopimda Bali lainnya.
 
Tibanya Taruna AAL Satlat KJK bersama KRI Bima Suci pada pukul 09. 25 Wita di Benoa Bali, disambut Tarian Panyembrama dan pengalungan bunga  kepada Komandan KRI Bima Suci, Letkol laut (P) Waluyo, oleh Waasops Kasal, kepada Palaklat KJK Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, oleh Komandan Lanal Denpasar serta kepada perwakilan Taruna oleh Wagub Provinsi Bali beserta istri.

Setelah itu melaksanakan foto bersama dan dilanjutkan para tamu undangan menuju ke Ball room KRI Bima Suci untuk melaksanakan ramah tamah, sesaat kemudian para tamu undangan menuju Dermaga untuk menyaksikan tampilan Display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Tampilan Display diawali laporan  dari pjs. Tambor Mayor - 1 Sermadatar (E) Bennediktus. R Sitorus, pjs Tambur Mayor - 2 Sermadatar (M) Dicky Yudiantara, pjs. Tambur Mayor - 3 Sermadatar (E) Dianthus. N dan pjs. Tambur Mayor - 4 Sermadatar (P) Angel Trivianaury  kepada Wakil Gubernur Provinsi Bali Bpk Dr. Ir. Tjok Oka Artha.

Sebagai formasi pembuka Display G.S. Gita Jala taruna membentuk Formasi huruf "T" yang mengandung arti Taruna harus memiliki sikap yang tanggap, tanggon dan trenginas serta di iringi dengan lagu Akabri  jaya sebagai lagu kebanggaan bagi seluruh taruna karena lagu Akabri jaya mempunyai makna mendalam yang sangat membelenggu dalam setiap diri Taruna.

Pada formasi yang kedua membentuk formasi Wijaya Kusuma yang merupakan lambang dari Akademi Angkatan Laut (AAL) yang berarti bunga Wijaya Kusuma yang melambangkan Taruna AAL harus bersikap jujur dan teguh pada Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, formasi ini di iringi lagu bis sekolah sehingga Taruna AAL harus tampil dengan penuh kebahagiaan dan keceriaan.

Sebagai  formasi berikutnya dari tampilan Display G.S. Gita Jala Taruna membentuk formasi jangkar yang mengandung makna Taruna Akademi Angkatan Laut harus  memiliki mental dan fisik yang kuat serta keteguhan hati yang kuat dengan iringan jali jali  yang merupakan lagu dengan makna penuh kasih sayang dan kesetiaan.

Palaklat Satlat KJK 2021 menegaskan bahwa pelaksanaan Display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL di dermaga pelabuhan Benoa Bali tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan anjuran pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Covid - 19 dengan melaksanakan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.(AD)