Tarian Nusantara, Lengkapi Jamuan Cocktail Party Taruna Satlat KJK di Cilacap -->

Iklan Semua Halaman

Tarian Nusantara, Lengkapi Jamuan Cocktail Party Taruna Satlat KJK di Cilacap

Redaksi
Jumat, 22 Oktober 2021

Surabaya - Tarian Nusantara yang dimainkan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll Angkatan ke-68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021, melengkapi suguhan acara Cocktail Party yang digelar di atas geladak KRI Bima Suci yang sedang singgah di dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan Pelindo, Cilacap, tadi malam.22/10/21

Sebagai tampilan pembuka, para Taruna memainkan alat musik Angklung yang berasal dari Jawa barat dilanjutkan dengan tarian Rama dan Shinta, Rampak Gendang, Drama korps Taruna, Samudera Band, Tarian Nusantara yang bermakna walaupun Indonesia berbeda beda tetapi tetap satu tujuan.

Tampak hadir di KRI Bima Suci yang sandar Kamis pagi di Dermaga Tanjung Intan kali ini, antara lain Seklem AAL Laksma TNI Syamsul Rizal, S.H., M.M., beserta istri,  Dirrenbang Kolonel Laut (P) Edhy Supriyono, S.T., beserta istri, Kadeptek Kolonel Laut (T) Hamzah, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., beserta istri, Kadeppel Kolonel Laut (P) Dodi Hermanto, M.Tr.Hanla., beserta istri, Kadeplai Kolonel Laut (S) Budi Wijaya Affandi, S.H., M.Si., beserta istri,  Kadepmar Kolonel Marinir Datuk Sinaga beserta istri.

Sementara itu dari unsur Forkopimda Kab. Cilacap,  Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji beserta istri, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., beserta istri, Dandim 0703/Clp Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P., beserta istri, Kapolres Clp AKBP Dr. Leganek Mawardi, Kajari Clp Tri Ari Mulyanto, beserta istri, dan pejabat lainnya.

Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S E., M.M., M.Tr. Han., dalam sambutannya yang dibacakan Seklem AAL, Laksma  TNI Syamsul Rizal, S.H., M.M., mengatakan bahwa tujuan dari KJK ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan sesuai materi ajaran komponen profesi dasar korps.

Kemudian mempraktekkan semua teori yang pernah diterima di kampus Akademi Angkatan Laut  Bumimoro Surabaya di medan yang sebenarnya, dan khusus untuk Taruna Korps Pelaut juga mempelajari Navigasi Astronomi dan Navigasi Lingkaran Besar serta pembentukan karakter prajurit Matra Laut,  sebagai calon-calon pemimpin TNI AL/TNI bangsa masa depan.

Pelayaran ini lanjutnya,  juga sebagai Duta bangsa dalam mengemban misi Diplomasi melalui pertunjukan/pengenalan aneka ragam budaya dan kesenian daerah, sehingga lebih memahami tentang perbedaan suku dan budaya merupakan satu kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu juga sebagai ajang mempromosikan AAL ke daerah-daerah yang disinggahi di seluruh Indonesia, supaya memperoleh bibit-bibit unggul sebagai calon Taruna AAL, termasuk salah satunya di kota Cilacap ini.

Sedangkan Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto mewakili seluruh Forkopimda dan seluruh masyarakat Cilacap mengucapkan terima kasih kepada Dansatgas Kartika Jala Krida yang sekaligus Komandan KRI Bima Suci  Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla., dan kepada Perwira pelaksana Latihan (Palaklat) KJK taruna AAL Angkatan 68 Tahun 2021 Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.Opsla., yang telah singgah di kota Cilacap ini.

Dalam acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan ini,  Bupati berpesan kepada para Taruna untuk selalu tetap semangat dalam menyiapkan diri sebagai pengawal NKRI.(AD)