Presiden Joko Widodo Apresiasi Semangat Masyarakat Vaksinasi Covid-19 di Sorong Koarmada III Gelar Vaksinasi Maritim di Pelabuhan Rakyat -->

Iklan Semua Halaman

Presiden Joko Widodo Apresiasi Semangat Masyarakat Vaksinasi Covid-19 di Sorong Koarmada III Gelar Vaksinasi Maritim di Pelabuhan Rakyat

Redaksi
Senin, 04 Oktober 2021

Sorong - Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo meninjau vaksinasi massal Covid-19 masyarakat umum, pelajar, dan lanjut usia yang dilaksanakan di tiga lokasi dalam wilayah Kota Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). Sejumlah lokasi vaksinasi tersebut antara lain, yang dilaksanakan Komando Armada (Koarmada) III di Pelabuhan Rakyat, Lantamal XIV di SMA Negeri 3 Kota Sorong, dan Yonif Raider Khusus 762 Sorong. 

Selain peninjauan langsung, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo juga menyaksikan vaksinasi massal melalui video conference yang dilaksanakan jajaran Koarmada III di wilayah kerjanya masing-masing, Satuan TNI dan Polri lainnya di Bintuni, Fak-Fak, Kota Manokwari, Raja Ampat, Sorong Selatan, Teluk Wondama, dan Kaimana. Pada kesempatan ini, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo berdialog secara virtual dengan masyarakat peserta vaksinasi.

Pada dialog tersebut, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengapresiasi antusias masyarakat melaksanakan vaksin Covid-19 dalam rangka mencegah penyebaran virus tersebut, utamanya varian Delta. 

Dalam peninjauan ini, Presiden RI Ir. Joko Widodo bersama sejumlah pejabat negara, antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr. (Han)., dan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Koarmada III mengerahkan 12 tenaga kesehatan untuk mendukung vaksinasi di Yonif Raider Khusus 762 Sorong dan vaksinasi di Pelabuhan Rakyat. Sementara vaksinasi yang digelar di SMA Negeri 3 Sorong didukung tenaga kesehatan Lantamal XIV Sorong. Vaksin yang digunakan terdiri dari Sinovac dan Sinopharm baik dosis pertama maupun dosis kedua. 

Koarmada III menggelar vaksinasi di Pelabuhan Rakyat atau komplek perumahan nelayan tradisional pesisir Kelurahan Malawei, Distrik Manoi, Kota Sorong. Perumahan tersebut dibangun atas bantuan Presiden Ir. H. Joko Widodo di Jalan Ferry Kelurahan Malawei, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat. Tampak puluhan warga berprofesi sebagai nelayan yang tinggal di kawasan tersebut menjalani vaksinasi yang ditergerkan 250 orang tervaksin. 

Vaksinasi maritim yang dilaksanakan Koarmada III di komplek perumahan nelayan tradisional pesisir Kelurahan Malawei, dihadiri Kepala Staf Koarmada III Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., bersama Ketua RW Kampung Malawei Bp. Mamari dan Tokoh Pemuda Kelurahan Malawei Yofius Masii dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. 

Menurut Ketua RW Kampung Malawei Bp. Mamari bahwa bantuan rumah nelayan dari Bapak Presiden Joko Widodo di Kelurahan Malawei sebanyak 350 unit. Yang sudah dibangun dan telah ditempati atau dihuni oleh nelayan 40 unit. Sejumlah unit rumah akan dibangun lagi.   
 
Setelah meninjau vaksinasi maritim, Presiden RI Ir. Joko Widodo memberikan pengarahan kepada pejabat Forkopimda se-Provinsi Papua Barat. Sedangkan sebelum peninjauan vaksinasi, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo meninjau penanaman benih jagung di Tani Maju Makmur, Kelurahan Klawalu, Kec. Aimas, Kabupaten Sorong. (Red)