Peringati Hapsak, Taruna AAL Satlat KJK Meriahkan Peresmian Rumah Saung Pintar Bagi Anak Natuna -->

Iklan Semua Halaman

Peringati Hapsak, Taruna AAL Satlat KJK Meriahkan Peresmian Rumah Saung Pintar Bagi Anak Natuna

Redaksi
Sabtu, 02 Oktober 2021

Surabaya - Bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila (Hapsak) 2021, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat lll  Angkatan 68, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2021 bersama KRI Bima Suci yang tengah sandar di Ranai, Natuna, turut hadiri dan meriahkan  Peresmian Rumah Saung Pintar di Desa Sabang Mawang Barat, Kec Pulau Tiga, Kab. Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (1/10).

Keberadaan Rumah Saung Pintar 262 untuk anak-anak pesisir yang berada di garda terdepan pulau terluar  Indonesia ini, diresmikan Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla 1), Laksma TNI Dato Rusman S.N., S.E., M.Si.

Tampak hadir Kasguspurla 1, Kolonel Laut (P) Sirilius Arif, Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir, Komandan KRI Diponegoro, Letkol Laut (P) Adam, Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, Komandan KRI Sultan Thaha Syaifuddin, Letkol Laut (P) Faruq, Palaklat KJK tahun 2021, Letkol Laut (P) Pungki Kurniawan M. Tr. Opsla., Camat Pulau Tiga, Sudirman S.Pd., Kepala Desa Sabang Mawang Barat, Pipit Triatul. S. Sos., dan tokoh masyarakat lainnya.

Danguspurla 1 mengucapkan terimakasih kepada Taruna AAL yang hadir serta memeriahkan peresmian Saung Rumah Pintar dengan tampilkan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, bagi generasi muda bangsa yang ada di Desa Sabang Mawang Barat, Kec. Pulau Tiga, Kab. Natuna ini, semoga kehadirannya bisa menjadi motivasi bagi generasi bangsa ini untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi.

Menurutnya, kehadiran para Taruna sangat bermanfaat untuk memberikan kebanggaan kepada masyarakat Sabang Wawang Barat selain itu juga sebagai wujud nyata yang dilakukan Taruna AAL sebagai pengabdiannya kepada masyarakat.

Rumah Saung Pintar ini lanjutnya, bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat supaya gemar membaca,  serta bisa membawa dampak positif kepada anak-anak sekitar Sabang Mawang Barat. Sehingga bisa memberi solusi yang baik agar menjadikan budaya gemar membaca.

Selain meresmikan Rumah Saung Pintar, Komandan Guspurla 1 ini juga memberikan tali asih kepada masyarakat sekitar yang diterima oleh masyarakat sekitar yang diwakili Tauran, Zurhan dan Yusminah. 

Sementara itu Sudirman S. Pd., Camat Pulau Tiga mengucapkan terimakasih kepada TNI AL yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Desa Sabang Mawang Barat. Menurut Sudirman, masyarakat menyambut baik dengan adanya Rumah Saung Pintar ini sebagai media pembelajaran dan menambah wawasan.

"Saya mewakili masyarakat Pulau Tiga, khususnya Desa Sabang Mawang Barat mengucapkan terimakasih, ini sangat bermanfaat bagi kami dalam upaya mencerdaskan masyarakat, dan kami siap membantu mengelola keberadaan Rumah Saung Pintar ini, sehingga ada ikatan emosional yang lebih antara masyarakat Sabang Mawang Barat dengan pihak TNI AL.

Sebelum peresmian, 89 Taruna AAL Tingkat lll yang melaksanakan Latihan Praktek Pelayaran keliling Nusantara selama 99 hari bersama KRI Bima Suci ini, juga tampil dalam Display  G.S. Gita Jala Taruna AAL di Gedung Daerah Kab. Natuna yang disaksikan pejabat Forkompinda Kabupaten Natuna.(AD)