Peduli Kesehatan lbu Dan Anak, Babinsa Koramil 02/Woyla Dampingi Kegiatan Posyandu Di Desa Binaan -->

Iklan Semua Halaman

Peduli Kesehatan lbu Dan Anak, Babinsa Koramil 02/Woyla Dampingi Kegiatan Posyandu Di Desa Binaan

Redaksi
Kamis, 14 Oktober 2021

Aceh Barat – Ditengah merebaknya kasus Pandemi Covid-19 saat ini, Babinsa Koramil 02/Woyla Kodim 0105/Abar Serka lman hadir sekaligus turut berperan serta mendampingi Bidan Desa pada kegiatan Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) bagi Ibu hamil maupun Balita di Kantor Aula Desa Lueng Buloh Kecamatan Woyla, Kamis  (14/10/2021).

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan dari Bidan Desa dan untuk masyarakat terutama lbu hamil dan Balita yang dibantu oleh pihak Puskesmas. Posyandu sendiri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi Balita serta menekan angka kematian lbu hamil. Dalam pelaksanaannya,  Posyandu ini di hadiri oleh Babinsa sebagai Tim Satgas PPKM Mikro Desa Lueng Buloh guna mendisiplinkan penerapan Protokol Kesehatan sebagai pencegahan Covid - 19.

Jevi Wahyuni, Amd., Keb., selaku Bidan Desa Lueng Buloh yang juga didampingi oleh Ibu - lbu Kader dari Posyandu mengatakan bahwa, Posyandu ini sangat penting. Sebab Kami dari Bidan Desa bisa mengetahui keluhan lbu hamil, mengecek kondisi kandungannya dan bisa juga memastikan asupan gizi bagi Balita.

Dirinyapun mengaku sangat terbantu dengan kehadiran sosok Babinsa. Sebab, keberadaan Babinsa sangat berdampak positif karena dapat mengundang dan menghimbau masyarakat yang mempunyai Balita untuk memeriksakan Bayinya secara berkala. Sehingga setiap Balita bisa terkontrol asupan gizinya serta imunisasi yang lengkap dan lbu hamil bisa mengetahui sejauh mana perkembangan janin maupun usia kandungannya.

Kegiatan Posyandu yang dilakukan tersebut meliputi penimbangan berat badan Balita, pengukuran panjang tubuh, Imunisasi, pemberian makanan tambahan gizi dan vitamin untuk Balita serta pemeriksaan ibu hamil.

Sementara Serka Iman menjelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan Posyandu di wilayah pedesaan sangat perlu dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan terhadap Balita dan Ibu hamil.  Pelayanan Posyandu di Desa - Desa sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan masyarakat sadar akan pentingnya mengikuti Posyandu untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan Balita yang disayanginya.

"Selaku Babinsa saya akan terus mendampingi setiap kegiatan positif yang mensejahterakan masyarakat. Untuk itu, Kami harapkan kepada lbu hamil dan orang tua yang memiliki Balita agar aktif dalam kegiatan Posyandu. Sebab, bayi yang di kandung atau Balita adalah cikal bakal generasi penerus bangsa," ujar Serka Iman

Serka Iman menambahkan, Posyandu adalah wadah pemantauan dalam kegiatan kesehatan  dasar yang   diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat hingga ke lapisan pedesaan.

"Adapun tujuan Posyandu itu sendiri antara lain untuk   menurunkan Angka   Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian lbu Hamil (AKIH),  melahirkan dan nifas,  meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan secara berkala dan berkelanjutan", pungkas Serka lman.(Red)