Koarmada III Gelar Latihan Pengamanan VVIP di Sorong -->

Iklan Semua Halaman

Koarmada III Gelar Latihan Pengamanan VVIP di Sorong

Redaksi
Selasa, 12 Oktober 2021

Surabaya - Komando Armada III dan jajaran menyelenggarakan Latihan Pengamanan VVIP (Very Very Important Person) Aspek Laut di wilayah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.  Selama sepuluh hari latihan, para pelaku menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Latihan pengamanan VVIP ini melibatkan sejumlah Alutsista antara lain Kapal Perang RI satu unit, Kapal Angkatan Laut satu unit, Patkamla dua unit, Sea Rider dua unit dan ratusan prajurit. Pelaksanaan latihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pertama pembekalan, tahap kedua driil teknis dan taktis serta tahap ketiga manuvra lapangan dengan melaksanakan skenario secara utuh. Materi latihan antara lain pengetahuan tentang VVIP dan prosedur pengamanannya, evakuasi darurat, pengamanan area pesisir dan pelabuhan, evakuasi medik, dan kesehatan lapangan atau P3K.    

Latihan tersebut dimulai briefing awal Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., yang disampaikan secara tertulis dibacakan Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H.,   kepada pelaku latihan di gedung serbaguna Lantamal XIV Jln. Bubara No. 1 Kota Sorong, Selasa (12/10/2021). 

Pangkoarmada III menegaskan berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004, mengamanatkan bahwa pengamanan VVIP menjadi tugas dan tanggung jawab TNI. Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada III sebagai bagian integral penting kekuatan TNI, pasti juga mendapatkan tugas dan tanggung jawab melaksanakan pengamanan tamu VVIP pada saat berada di wilayah kerja Koarmada III (Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat). 

"Agar operasi pengamanan VVIP dapat dilaksanakan secara terencana ataupun insidental, diperlukan kemampuan dan keterampilan dari setiap prajurit serta kesiapan alutsista jajaran Koarmada III untuk dapat melaksanakan pengamanan VVIP dengan baik sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku," tegas Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla. 

Latihan pengamanan VVIP tahun 2021 yang diselenggarakan kali ini merupakan implementasi dari kebijakan pembinaan kemampuan personel maupun alutsista, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan satuan jajaran Koarmada III agar memiliki kemampuan yang handal untuk melaksanakan tugas pengamanan VVIP, sehingga dapat berhasil, berdaya guna dan terintegrasi dalam rangka terwujudnya kesiapsiagaan operasional satuan jajaran wilayah Koarmada III.

Briefing awal dihadiri Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E., M.M., Komandan Lantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.(Opsla)., Komandan Pasmar III Brigjend TNI Y. Rudi Sulistyanto, para Asisten Pangkoarmada III, dan Komandan Satuan Koarmada III. 
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)