Cara Koarmada III Gelar Vaksinasi Maritim, Ratusan Warga Tertib Tanpa Antrean dan Tervaksin -->

Iklan Semua Halaman

Cara Koarmada III Gelar Vaksinasi Maritim, Ratusan Warga Tertib Tanpa Antrean dan Tervaksin

Redaksi
Rabu, 13 Oktober 2021

Ratusan warga mengikuti vaksinasi maritim yang digelar Dinas Kesehatan Komando Armada III. Berbagai pihak terkait mengambil peran membantu mempermudah akses warga mendapatkan vaksin Covid-19, sehingga berjalan tertib tanpa antrean.

Berawal yang dilakukan Diskes Koarmada III bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong menggelar vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di Gedung serba guna Kantor Kelurahan Majener, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (13/10/2021).

Sebelumnya, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL telah mengiformasikan tentang rencana vaksinasi dan membagikan formulir kepada warga yang berkenan vaksinasi serta ketentuan yang harus ditaati, diantaranya disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pada hari pelaksanaan, penyelenggara tidak sibuk mengatur penerapan protokol kesehatan dengan ketat, bahkan sejak pendaftaran peserta vaksinasi dibuka karena warga telah mengetahui dan menerapkan Prokes atas kesadarannya masing-masing. 


Di lokasi kegiatan vaksinasi Kantor Kelurahan Majener, Kadiskes Koarmada III Kolonel Laut (K) dr. Donny Susilawardana, Sp.Rad., bersama belasan petugas mempersiapkan pelayanan vaksinasi Covid-19 secara menyeluruh. Segala upaya dikerahkan agar vaksinasi dapat berjalan efektif dan efisien, mulai meja pertama terdapat lima petugas pendaftaran verifikasi data, memanggil warga dengan santun sesuai nomor urutan kedatangan.  

Petugas memastikan warga menunjukkan KTP atau Kartu Keluarga untuk dilakukan verifikasi sesuai dengan tanggal pelayanan vaksinasi yang telah ditentukan, melanjutkan verifikasi data menggunakan aplikasi Pcare Vaksinasi atau secara manual.

Kemudian warga diarahkan melakukan skrining anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana, melakukan edukasi vaksinasi Covid-19. Tenaga Kesehatan Koarmada III melakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid), serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana. Pemeriksaan meliputi suhu tubuh, tekanan darah, dan Riwayat kesehatan.

Pada meja ketiga pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh vaksinator Koarmada III kepada warga yang menerima vaksin. Pemberian vaksin Covid-19 melalui lengan sesuai prinsip penyuntikan aman baik dosis pertama maupun dosis kedua. Bagi warga yang baru vaksin dosis pertama diberikan vaksin Sinovac. Sedangkan warga yang melaksanakan vaksin dosis kedua disesuaikan vaksin pertama. 

Nakes Koarmada III di meja keempat juga lima orang menerima memo yang diberikan oleh petugas sebelumnya dan memasukkan hasil vaksinasi yaitu jenis vaksin dan nomor batch vaksin. Bila tidak memungkinkan menginput data langsung ke dalam aplikasi hasil akan pelayanan dicatat di dalam format pencatatan manual.

Senyum warga merekah setelah menerima kartu vaksinasi dan penanda telah mendapat vaksinasi. Kartu tersebut ditandatangi dan diberi stempel lalu diberikan kepada warga sebagai bukti telah diberikan vaksinasi.

"Bapak dan Ibu sudah divaksin berkenan menunggu selama 30 menit yaa untuk observasi," bujuk Perwira Kesehatan Koarmada III Mayor Laut (K) Bambang Kristianto, A.Mkp., S.Kep., sambil memberikan penyuluhan dan media KIE tentang pencegahan Covid-19 melalui 3M dan vaksinasi Covid-19. 
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)