Awali Penugasan di Koarmada III, 249 Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL On the Job Training -->

Iklan Semua Halaman

Awali Penugasan di Koarmada III, 249 Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL On the Job Training

Redaksi
Kamis, 21 Oktober 2021

Surabaya - Sebuah prestasi luar biasa kembali ditorehkan TNI Angkatan Laut, untuk kedua kalinya dalam sejarah berhasil mendidik dan melatih 249 putra-putri asal Papua dan Papua Barat menjadi Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL. Sejumlah prajurit tersebut adalah alumni program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier TNI Angkatan Laut angkatan XLI tahun 2021.

Selanjutnya, sejumlah prajurit yang terdiri atas Bintara Remaja 100 orang (87 pria dan 13 wanita) dan Tamtama Remaja 149 orang akan menempati penugasan pertama pengawak Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan pendirat (Pangkalan) di jajaran Komando Armada III. Sebelumnya, TNI AL telah berhasil mendidik dan melatih 200 putra-putri juga asal Papua dan Papua Barat menjadi Bintara dan Tamtama TNI AL dan telah berdinas aktif di KRI dan Pendirat jajaran Koarmada III.  

Sebagai bekal awal penugasan, sejumlah Bintara dan Tamtama Remaja TNI AL Angkatan XLI ini melaksanakan On the Job Training yang diselenggarakan Kolat Koarmada III selama 16 hari, setelah dibuka secara resmi oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., dalam suatu upacara militer di Mako Koarmada III Katapop, Kab. Sorong, Papua Barat, Kamis (21/10/2021). 
 
Pangkoarmada III Laksda TNI Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., mengatakan On the Job Training ini merupakan sarana dan upaya melatih para Prajurit Bintara dan Tamtama Remaja yang kemarin masih berstatus siswa Dikmaba dan Dikmata Satdik-3 TNI AL Sorong. 

"Melalui latihan ini, akan diperoleh gambaran tentang tugas-tugas yang akan kalian kerjakan secara langsung dan utuh, beserta dinamika dan liku-liku yang ada dalam setiap pelaksanaannya, sehingga akan meningkatkan semangat dan mental kejuangan serta pantang menyerah," tegasnya.


Dengan adanya kegiatan ini, Pangkoarmada III mengharapkan para Bintara dan Tamtama Remaja mampu dan profesional melaksanakan tugas sebagai prajurit pengawal samudera pengawak KRI Koarmada III serta menunjukkan jati diri sebagai prajurit profesional yang tanggap, tanggon dan trengginas sesuai dengan postur prajurit sejati yang diinginkan oleh pemimpin TNI AL. 

On the Job Training ini berisi latihan berupa metode klasikal dan drill serta ujian di Mako Koarmada III dan di KRI Madidihang-855, KRI Mata Bongsang-873, dan KRI Tarakan-905. Tujuannya para Bintara dan Tamtama Remaja mengenali data teknis dan taktis masing-masing kelas/tipe kapal, mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai ABK KRI, mampu melaksanakan PEK dan peran-peran yang ada di kapal, serta memahami tentang tata cara Dinas Dalam di KRI maupun di Pendirat sesuai dengan Peraturan Dinas Dalam Khas TNI AL.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)