TNI AL Dan BPBD Kab. Banyuwangi Bersinergi Sosialisasikan Desa Tangguh Bencana -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Dan BPBD Kab. Banyuwangi Bersinergi Sosialisasikan Desa Tangguh Bencana

Redaksi
Selasa, 21 September 2021

Surabaya - Guna membentuk Desa Tangguh Bencana Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL bersama dengan BPBD Kab Banyuwangi serta instansi terkait laksanakan sosialisasi, di Balai Desa Tambakrejo, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi, Senin (20/09).

Pelaksanaan sosialisasi diawali dengan bimbingan dan Prosedur oleh  Fasilitator Ibu Surya Hepy dari BPBD Kab. banyuwangi kepada seluruh Tim relawan Desa Tangguh Bencana dan di lanjutkan peninjauan lapangan terkait titik rawan Bencana serta pemberian sosialisasi kepada masyarakat setempat dan juga memberikan selembaran brosur Evakuasi.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh, Afen Efendi (kepala Desa) Tambakrejo beserta perangkat , Ibu Surya Hepy (Fasilitator) BPBD Kab.Banyuwangi beserta 6 anggota, Sertu IGede Sadru (Babinsa) Koramil Muncar, Koptu Mes Sugeng Riadi (Babinpotmar) POS TNI AL Muncar, dan 25 anggota Tim Relawan Desa Tangguh Bancana (DESTANA)

Selesai Pelaksanaan Sosialisasi dan pembagian brosur Evakuasi kepada masyarakat Koptu Mes Sugeng Riadi selaku  (Babinpotmar) POS TNI AL Muncar juga memberikan penjelasan tentang Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) yang berada di Pantai Satelit  kepada Tim Relawan, Sistem itu sendiri merupakan serangkaian  untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam, dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya.

"Peringatan dini pada masyarakat atas bencana merupakan tindakan memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh masyarakat. Dalam keadaan kritis, secara umum peringatan dini yang merupakan penyampaian informasi tersebut diwujudkan dalam bentuk sirine, kentongan dan lain sebagainya, semakin dini informasi yang disampaikan, semakin longgar waktu bagi penduduk untuk meresponnya", jelas Babinpotmar.(AD)