Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ketua Korcab V DJA II Laksanakan Penanaman Benih Sayuran Hidroponik -->

Iklan Semua Halaman

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Ketua Korcab V DJA II Laksanakan Penanaman Benih Sayuran Hidroponik

Redaksi
Kamis, 23 September 2021

Lsurabaya - Disela-sela kesibukannya melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Bali, Ketua Koordinator Cabang (Korcab) V Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Yanti Yoos Suryono Hadi menyempatkan diri untuk melaksanakan penanaman benih sayuran di media hidroponik di Green House Hidroponik Mako pangkalan TNI AL (Mako Lanal) Denpasar Jalan Raya Sestan 331 Denpasar Bali, Rabu (22/9). 

Kegiatan Ketua Korcab V DJA II dalam pelaksanaan penanaman benih sayuran Hidroponik didampingi oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., dan Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana, Pabinhar serta segenap Pengurus Jalasenastri Cabang 10.
Sedikitnya, terdapat sebanyak 200 bibit tanaman jenis sawi Pokcoy dan sawi Kaylan dan bayam merah ditanam di media Hidroponik di Mako Lanal Denpasar.

Dalam arahannya Ketua Korcab V DJA II mengatakan di tengah situasi pandemi covid-19 yang tak kunjung usai, ini merupakan upaya kreatif dalam mewujudkan ketahanan pangan.
 
"Ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah berkenaan dengan adanya pandemi Covid-19 telah memunculkan berbagai gagasan serta ide-ide untuk mengatasi dampak dari pandemi tersebut. Salah satunya yang dilakukan oleh Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II ini, yaitu  dengan memanfaatkan ruang dan lahan yang kosong untuk dimanfaatkan budidaya sayuran, ini sangat kreatif". Kata Ny. Yanti Yoos Suryono Ketua Korcab V DJA II.

Menurut Ketua Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II Ny. Citra I Komang Teguh Ardana menyampaikan, program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Jalasenastri Cabang 10 Korcab V DJA II tersebut dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong yang terdapat di komplek Mako Lanal Denpasar yang menjadi area bercocok tanam dalam menjaga kebutuhan bahan pangan dengan pola atau media Hidroponik. "Kegiatan ini dalam rangka ketahanan pangan guna menghadapi efek pandemi Covid-19 yang saat ini sedang mewabah khususnya di wilayah Provinsi Bali," ucapnya.

Disamping penanaman bibit tanaman Hidroponik Ketua Korcab V DJA II bersama Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II juga melaksanakan pemanenan sayuran yang di tanam di media Hidroponik serta meninjau kolam ikan Nila dan ikan Lele. 

"Untuk hasil panen sayuran dan peternakan di kolam ikan Nila dan Lele nantinya akan bisa dinikmati oleh anggota Jalasenastri sendiri serta bisa di distribusikan ke lingkungan internal prajurit Lanal Denpasar", tanadas Ny. Citra I Komang Teguh Ardana.(AD)