Tanpa KIPI, TNI AL Lanal Labuan Bajo Sukses Vaksin Masyarakat Pulau Messah -->

Iklan Semua Halaman

Tanpa KIPI, TNI AL Lanal Labuan Bajo Sukses Vaksin Masyarakat Pulau Messah

Redaksi
Sabtu, 25 September 2021

Surabaya - Dari geladak KM Gandha Nusantara 20, TNI AL Lanal Labuan Bajo sukses menyelenggarakan serbuan vaksinasi dosis ke-2, tanpa ada gejala KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi)  bagi masyarakat maritim di Pulau Messah, Desa Pasir Putih, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Jumat (24/09/2021). 

Serbuan vaksinasi kali ini,  Lanal Labuan Bajo bersinergi dengan Pemkab Mabar, dan PT. Pelni serta sejumlah BUMN setempat lainnya. Untuk kelancaran vaksin, melibatkan tim vaksinator gabungan dari personel Lanal dan Puskesmas Labuan Bajo.

Adapun masyarakat maritim di Pulau Messah Desa Pasir Putih yang mendaftar vaksinasi sejumlah 380 orang. Setelah melalui proses screening, yang memenuhi syarat mendapatkan vaksinasi dosis kedua berjumlah 375 orang. Untuk vaksin yang digunakan yakni vaksin jenis Sinovac, yang disiapkan oleh Diskes Lantamal VII.

Dalam kesempatan tersebut, Babinpotmar Lanal Labuan Bajo bersama sejumlah anggota TNI AL lainnya melakukan sosialisasi dan edukasi, agar masyarakat melakukan vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mereka juga diarahkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan meski telah divaksin.

Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni, ST., M.Tr.Hanla., menyampaikan bahwa serbuan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., agar setiap satuan TNI AL yang ada di wilayah mendukung program pemerintah  mencegah dan mengatasi penyebaran wabah covid-19, dengan sarana dan prasarana yang dimilikinya untuk pemulihan ekonomi nasional termasuk membangun sinergi dengan pemkab dan instansi terkait. (Pen2)