Siswa TNI AL Satdik 1 Tanjung Uban Lattek Pekan Integrasi di Fasilitas Pendidikan Bumimoro Kodiklatal -->

Iklan Semua Halaman

Siswa TNI AL Satdik 1 Tanjung Uban Lattek Pekan Integrasi di Fasilitas Pendidikan Bumimoro Kodiklatal

Redaksi
Jumat, 17 September 2021

Surabaya - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme siswa TNI AL di lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal), Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLI TA 2021 Satuan Pendidikan (Satdik) 1 Tanjung Uban Kepulauan Riau melaksanakan Lattek Pekan Integrasi di beberapa fasilitas Pendidikan Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Kamis, (16/9/2021).

Lattek Pekan Integrasi Satdik 1 Tanjung Uban ini diikuti 245 orang siswa dengan rincian 100 orang siswa Dikmaba dan 145 orang siswa Dikmata. Selain para siswa turut pula 26 orang Satgas yang terdiri dari Pelatih, Pembimbing Siswa (Bingsis) Satdik 1 Tanjung Uban.

Adapun Fasilitas pendidikan Bumimoro yang dikunjungi adalah bengkel mesin yang berada di Pusdiktek, Bengkel Elektronika yang berada di Pusdiklek, Alat Instruksi dan Alat penolong instruksi (Alins Alongins) di Sekolah Artileri dan Sekolah Senjata Bawah Air (Sesenbar) Pusdikpel. Selain itu para siswa ini juga melaksanakan kunjungan ke Pusdikkes Kodikdukum Kodiklatal.

Dalam kunjungan ke Pusdiktek dan Pusdiklek para siswa ini mendapatkan bimbingan dan pembelajaran dari para instruktur yang berkaitan dengan permesinan di KRI dan  berbagai instrumen peralatan elektronika seperti radar yang juga digunakan di KRI. Sedangkan di Seart dan Sesenbar Pusdikpel para siswa Satdik 1 ini mendapatkan materi berbagai kesenjataan yang digunakan KRI berikut amunisi yang digunakan.

Untuk di Pusdikkes para siswa ini mendapatkan materi pelatihan  penanggulangan penderita gawat darurat. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill kemampuan setiap siswa Dikmaba bila terjadi kejadian gawat darurat yang sering terjadi tanpa bisa diprediksi kapan, dimana, pada siapa, sehingga menyebabkan kecacatan dan kematian.(AD)