Siswa TNI AL Pusdikpomal Kodiklatal Laksanakan Upacara Pembaretan Korps Polisi Militer -->

Iklan Semua Halaman

Siswa TNI AL Pusdikpomal Kodiklatal Laksanakan Upacara Pembaretan Korps Polisi Militer

Redaksi
Rabu, 08 September 2021

Surabaya - Sejumlah 88 Prajurit siswa TNI AL yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal melaksanakan upacara pembaretan Korps Polisi Militer. Upacara pembaretan yang dipimpin langsung Komandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Danpuspomal) Mayjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP tersebut dilaksanakan di lapangan Markadi Pusdikpomal Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (8/9/2021).

Hadir sekaligus tamu undangan dalam upacara tersebut Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat, Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur dan para Komandan Kodik.  Selain itu hadir pula Kaodmilti III Surabaya dan para Dandenpomal Kotama TNI AL Wilayah Subaya.

Dari 88 prajurit siswa yang mengikuti upacara pembaretan tersebut terdiri 2 orang siswa Dikspespa PM, 31 orang siswa Dikmaba XL/1 kejuruan PM, 27 orang siswa Dikmaba XL/2 Kejuruan PM dan 28 orang siswa Dikmata XL/2 Kejuruan PM.

Danpuspomal Mayjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han)., CHRMP dalam sambutanya menyampaikan bahwa upacara tradisi pembaretan ini merupakan bagian sangat penting dan tidak terpisahkan dari perjalanan hidup seorang prajurit Polisi Militer Angkatan laut. Kegiatan ini juga untuk memupuk jiwa korsa dan semangat kebersamaan diantara sesama prajurit Korps Polisi Militer dalam menumbuhkan nilai nilai kejuangan dan  mengimplementasikan kemampuan untuk menjadi prajurit Pomal yang handal dan selalu berhasil dalam setiap penugasan karena Pomal merupakan prajurit yang terlatih militan dan profesional.

Menurutnya pembaretan ini juga menandakan bahwa para prajurit sudah sah menjadi anggota Pomal dan sekaligus bagian dari keluarga besar Pomal. Dengan disahkanya penggunaan baret Pomal ini semoga menjadi kebangaan bagi setiap prajurit dan menuntut untuk terus meningkatkan kemampuan dalam bidang IPTEK, ketrampilan dan kemampauan fisik, mempunyai jati diri dan bertanggung jawab serta disiplin yang tinggi guna mendukung tugas kepolisian militer demi kepentingan TNI AL bangsa dan negara.

Perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan tugas Prajurit Polisi Militer bukan hanya melaksanakan fungsi penegakan hukum, tata tertib dan disiplin tapi juga harus memberi contoh dan menjadi suri tauladan dalam penegakan hukum dan disipilin. Selain itu dalam melaksanakan tugas Polisi Militer harus dapat bersinergi dengan satuan TNI lainya, Polri dan pemerintah setempat dimanapun bertugas agar tetap tercipta suasana yang harmonis baik dalam penugasan maupun diluar penugasan.

Dalam acara tersebut selain upacara pembaretan juga dilaksanakan penyematan Baret Kehormatan Pomal kepada Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat.(AD)