Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut Asrena Pangkoarmada III Berikan Pendalaman Wawasan Nusantara kepada Masyarakat di Pulau Jefman -->

Iklan Semua Halaman

Pembinaan Wilayah Perbatasan Laut Asrena Pangkoarmada III Berikan Pendalaman Wawasan Nusantara kepada Masyarakat di Pulau Jefman

Redaksi
Rabu, 15 September 2021

Surabaya - Asisten Perencanaan dan Anggaran Panglima Komando Armada (Asrena Pangkoarmada) III Kolonel Laut (P) Ridwan Prawira, S.T., M.Han., memberikan ceramah pendalaman tentang Wawasan Nusantara kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda di Pulau Jefman, Distrik Salawati, Papua Barat, Rabu (15/9/2021). 


Ceramah Asrena Pangkoarmada III ini merupakan salah satu materi pada kegiatan komunikasi sosial maritim dan pembinaan wilayah perbatasan laut dalam bentuk silaturahmi dengan masyarakat yang diselenggarakan Koarmada III di pulau tersebut, selama dua hari. Selama kegiatan juga dilaksanakan ceramah bela negara, pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya laut oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta penanganan Covid-19 oleh Satgas Covid Kabupaten Raja Ampat.


Dijelaskan bahwa wilayah Indonesia membentang dari Sabang (Aceh,  Pulau Sumatera) sampai Merauke  (Papua), terdiri lebih dari 17.504  pulau, Luas 1,913.578,68 KM2  Letak geografisnya di antara dua  benua (Asia dan Australia) dan dua  Samudera (Hindia/Indonesia dan  Pasifik). Negeri yang dilalui garis  Kathulistiwa berpenduduk sekitar  260 juta jiwa, 34 Provinsi, 510 Kab/Kota, kurang lebih 6994 Kecamatan dan 82.253 Kelurahan/Desa.



Pada kesempatan tersebut, Asrena Pangkoarmada III menjelaskan berbagai hal antara lain landasan kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai-nilai dasar bela negara, penghormatan terhadap negara dan ketaatan kepada Lambang Negara, peraturan dan perundang-undangan; dan pembinaan kerukunan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.


Materi tersebut dijelaskan dengan bahasa yang lugas dan mudah diterima oleh warga, sehingga berlangsung menarik. Hal tersebut ditandai banyaknya pertanyaan dan saran yang dikemukakan oleh peserta dan dijawab dengan mantik oleh Asrena Pangkoarmada III,  bahkan warga masyarakat minta waktu lebih lama untuk diskusi.  
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.