Pangkalan TNI AL Hadiri Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal -->

Iklan Semua Halaman

Pangkalan TNI AL Hadiri Sedekah Laut Nelayan Kota Tegal

Redaksi
Selasa, 07 September 2021

Surabaya - Komandan pangkalan TNI AL Tegal Letkol Mar Ridwan Azis.M.Tr.Hanla.CHRMP menghadiri kegiatan syukuran sedekah laut yang di laksanakan bertempat di Gedung Pertemuan Mina Graha KUD karya Mina Kota Tegal Jl. Blanak Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal, akhir pekan ini.

Upacara sedekah laut Nelayan Tahun 2021 di gelar setiap tahunnya oleh paguyuban nelayan kota Tegal.Turut menghadiri kegiatan tersebut Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M, Kapolres Tegal Kota  AKBP Rahmad Hidayat S.S,  Ketua DPRD Kota Tegal  Kusnendro, S.T, Sekda Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, M.M, Palaksa Lanal Tegal Mayor laut (P) kadrawi, SH,MH.), Pabung Kodim 0712/Tegal Mayor Inf Slamet Muchadi, Ketua KUD Karya Mina/DPC HNSI Kota Tegal Riswanto dan  Ketua Panitia Sedekah Laut  Bapak Santosa.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M menyampaikan berbahagia sekali kita masih dapat menyelenggarakan sedekah laut yang merupakan tradisi turun – temurun. meskipun kali ini penyelenggaraannya berbeda, karena kita masih berada di masa pandemi covid 19. Sedekah laut telah menjadi salah satu kearifan lokal masyarakat pesisir. selain menjadi ciri masyarakat pesisir, yang sebagian besar menggantung-kan hidupnya dari hasil laut, juga sebagai momentum bagi nelayan untuk mengeluarkan sedekah yang selama ini dia peroleh. 

Sedekah laut tahun ini hanya dilakukan  secara sederhana, mengingat kondisinya masih belum normal. namun pelaksanaannya tetap tidak menghilangkan makna sakral acara ini. terutama kegiatan larung sesaji yang tetap jadi tradisi yang dilakukan.

Mari kita berdoa agar pandemi segera berlalu dan kegiatan sedekah laut tahun depan bisa berlangsung lebih meriah lagi. tetapi sebelum sampai pada tahun depan, yang terpenting untuk saat ini adalah berjuang keras agar terbebas dari ancaman virus covid 19. dan cara paling efektif untuk menghindarkan diri dari serangan virus yakni melakukan vaksinasi"" ungkap walikota.

Upacara sedekah laut  selesai dilaksanakan di teruskan larung ancak di laut dengan menggunakan Kapal Cantrang dan purshine mini pembawa sesaji/ancak di Pelabuhan .

Dalam kegiatan sedekah laut ini personil Lanal Tegal bersama unsur TNI Polri turut serta mendukung  mengamankan proses kegiatan upacara sedekah laut.(AD)