KRI Bima Suci Gelar Ritual Tradisi Mandi Khatulistiwa -->

Iklan Semua Halaman

KRI Bima Suci Gelar Ritual Tradisi Mandi Khatulistiwa

Redaksi
Minggu, 26 September 2021

Surabaya - Tepat 5 Hari pelayaran Satgas Operasi Kartika Jala Krida (KJK) 2021 dari Lantamal XIII Sorong menuju ke Ranai, Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, SH, M.Tr.Hanla.,menggelar mandi khatulistiwa bagi seluruh Taruna AAL ke-68 serta Anggota yang belum pernah melaksanakan. Kamis (23/09).

Hal ini sudah tidak asing lagi bahkan menjadi tradisi disetiap KRI yang melewati garis khatulistiwa pada koordinat 0 Derajat, untuk melaksanakan ritual mandi khatulistiwa bagi setiap Anggota yang belum pernah melaksanakannya. Berjumlah sebanyak 123 Personil yang dijadwalkan pada 0 derajat akan melaksanakan mandi khatulistiwa.

Tepat pukul 22.00, para "Pelaut-pelaut Muda Yang Kotor" sebutan dari sang Dewa bagi Personel yang akan dibaptis, Suara-suara dari para Dewa dan Punggawa-punggawa sudah berkumandang keras melalui pengeras suara yang dipasang di tiap-tiap lorong dan sudut ruangan. Siap dengan berpakaian dinas, seluruh personil berkumpul di geladak tengah KRI. Ketika acara dimulai satu persatu mereka diperintah merayap Memutari geladak dari haluan hingga buritan KRI sampai dengan tiga kali putaran ditambah dengan guyuran air laut.

Semakin mencekam ketika bisingnya suara para Dewa dan Punggawa-punggawa yang menghadang serta mencari kesalahan dan memberi tindakan. Orientasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar lebih mengenal tentang KRI Bima Suci, menghormati lautan dan menjunjung rasa Senioritas di KRI.

Sewaktu mereka dimandikan dengan air laut dan datanglah Dewa Neptunus sebagai penguasa kerajaan dasar laut. Dewa Neptunus melaporkan dan minta izin kepada komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Waluyo, SH, M.Tr.Hanla., bawa acara Pembaktisan telah di mulai.

" Bagi mereka yang sudah pernah melaksanakan mandi khatulistiwa di KRI lain, tetap harus melakukannya kembali di KRI Mima Suci. Sebaliknya bagi yang telah melaksanakan mandi khatulistiwa di KRI Bima Suci ini akan mendapatkan sertifikat yang berlaku untuk seluruh KRI. Inilah salah satu keunikan mandi khatulistiwa di KRI Bima Suci," Ujar Letkol Waluyo.

Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan ketika melewati garis khatulistiwa dan berlaku buat siapa saja yang ikut dalam pelayaran dan yang belum mempunyai sertifikat dari KRI Bima Suci."Tambahnya.

Berlanjut pada dini hari keesokan harinya, suara terikan dari sang Dewa dan tawa para punggawa kembali meramaikan seluruh ruangan KRI. Para pelaut-pelaut muda sudah siap untuk mengikuti ritual mandi khatulistiwa yang selanjutnya, seperti kegiatan malam sebelumnya, namun di tambah lagi pengesahan Nama bagi setiap Personil yang telah dibaptis tak lupa juga di sajikan jamuan minuman rempah-rempah dan Biji Mahoni sebagai hadiah dari Dewa Neptunus.(Pen2).