Ciptakan Kekebalan Komunal, TNI AL Koarmada II Serbu Wilayah Aglomerasi Dengan Vaksin -->

Iklan Semua Halaman

Ciptakan Kekebalan Komunal, TNI AL Koarmada II Serbu Wilayah Aglomerasi Dengan Vaksin

Redaksi
Kamis, 30 September 2021

Surabaya - TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II menggelar Serbuan Vaksinasi Maritim serentak pada hari ini, Kamis (30/9) di wilayah aglomerasi Jawa Timur yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik.

Untuk di Surabaya, gelaran vaksin maritim adalah yang kali kedua dilaksanakan. Yang pertama pada bulan Juli 2021 lalu, digelar di Lapangan Atletik THOR (Stadion Gelora Pancasila) yang berada di kawasan Wonokromo. Dan kali ini masih di lokasi yang sama, TNI AL Koarmada II bersama Pemkot Surabaya menyiapkan 30.000 dosis vaksin Sinovac tahap 1 dan tahap 2 bagi masyarakat umum dengan rentang usia 12 tahun ke atas.


Yang sedikit berbeda adalah masyarakat tidak lagi terbentur dengan syarat domisili, karena dengan ber-KTP Indonesia maka masyarakat umum bisa mengikuti vaksinasi gratis. Sementara demi kelancaran vaksinasi, dari 800 Nakes dilibatkan untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi warga yg akan melaksanakan vaksin. Mulai dari meja registrasi, screening dan Vaksinasi, serta sekitar 200 operator PCare yang akan menginput data peserta vaksin.


Untuk memperlancar proses vaksinasi, telah disiapkan alur atau prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin. Diawali dengan Registrasi saat peserta datang, sebagai filter awal persyaratan Vaksin. Kemudian Screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya Vaksinasi , dan terakhir Entry Data yaitu pengisian data warga yang telah di vaksin  oleh tim dari Pemkot Surabaya dan TNI AL yang berlokasi di Stadion Gelora Pancasila.


Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han), hadir langsung meninjau kegiatan serbuan vaksinasi di Lapangan THOR bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, serta pejabat Forkopimda Jatim. Turut mendampingi Komandan Lantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, Irkoarmada II Laksma TNI Bambang Supriyanto, dan Kapok Sahli Koarmada II Laksma TNI A. Hari Supriyanto.

Menurut Pangkoarmada II, kegiatan ini adalah perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19, dan juga percepatan pemulihan ekonomi nasional khususnya di wilayah aglomerasi Jatim. Juga untuk pembentukan herd immunity  masyarakat Jatim supaya bisa lebih kuat melawan Virus Covid-19, yang diperkirakan akan muncul kembali gelombang ke-3.

"Bahwa dengan adanya percepatan vaksinasi ini, adalah salah satu upaya kita mengantisipasi untuk menghadapi gelombang ke-3 ini (virus Covid-19). Sehingga dengan adanya kesiapan kita melaksanakan vaksinasi ini, Insya Allah sudah terbentuk dalam diri kita kekebalan yang kuat untuk bisa menahan agar jangan sampai gelombang ke-3 ini kembali menyerang kita, " ujar Laksda Iwan.

Sedangkan mengenai ketersediaan vaksin, Laksda Iwan mengatakan masih dalam batas aman karena vaksinasi masih dilaksanakan berkelanjutan mengingat masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi. 

Pada bagian lain Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) mengungkapkan, Koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan seperti Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya. Dilanjutkan dengan Kabupaten Tegal,Trenggalek, dan Kediri. Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat  imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media.(AD)

Sumber  :  Kadispen Koarmada II