Asah Naluri Tempur, Prajurit Pangkalan TNI AL Denpasar Gelar Latihan Menembak -->

Iklan Semua Halaman

Asah Naluri Tempur, Prajurit Pangkalan TNI AL Denpasar Gelar Latihan Menembak

Redaksi
Rabu, 15 September 2021

Surabaya - Untuk meningkatkan profesionalisme dan mengasah naluri tempur, prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V melaksanakan latihan menembak pistol dan laras panjang, di lapangan Tembak Perbakin Jalan W.R. Supratman No.236, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, awal pekan ini.

Latihan menembak yang dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., dan  berlangsung selama 4 hari untuk seluruh Perwira Staf dan prajurit Lanal Denpasar dan selaku instruktur menembak Pasops Lanal Denpasar Mayor Laut (P) I Ketut Pastika dan dilaksanakan secara bergilir untuk giat latihan menembak.

Sebelum dilaksanakan latihan menembak sesuai prosedur dilaksanakan pengarahan oleh pelatih terkait bagaimana cara pengamanan dalam penggunaan senjata, diwajibkan bagi seluruh penembak agar mematuhi semua instruksi dari pelatih guna meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Danlanal Denpasar, keterampilan menembak adalah salah satu sarana membentuk disiplin pribadi, dimana setiap penembak harus disiplin terhadap pegangan pistol, disiplin terhadap posisi tubuh, terhadap fokus mata pada pisir pejera, dan hingga disiplin terhadap pengaturan nafas.

Dari sini lanjutnya, akan mendorong penembak untuk menjadi pribadi yang konsisten agar menghasilan karya sesuai sasaran dan ini mutlak bagi personel militer, dengan mengenal dan mampu menggunakan senjata organik dengan baik, itu artinya secara umum prajurit tidak canggung serta dapat memahami dengan baik dan benar prosedur penggunaan senjata organik.

Danlanal Denpasar juga menegaskan, bahwa latihan menembak bukan hanya sekedar melaksanakan latihan rutin semata, namun setiap personel harus mampu meningkatkan keterampilan menembak dikarenakan salah satu profesionalitas yang dimiliki seorang prajurit TNI AL adalah kemahiran dalam menggunakan senjata, serta untuk menunjang keberhasilan kegiatan tugas operasi yang dibebankan oleh Negara kepada setiap prajurit TNI AL, terutama dihadapkan dengan padatnya kegiatan pengamanan VVIP/VIP yang diselenggarakan di wilayah kerja Lanal Denpasar khususnya dan Bali pada umumnya.

Dalam latihan tersebut setiap personil diberi kesempatan untuk menembak dengan 30 butir peluru dengan jarak tembak 200 meter untuk laras panjang dan 25 meter dan 50 meter memakai pistol, dengan 5 butir peluru untuk sasaran percobaan dan 20 peluru penilaian, dengan menggunakan sikap tiarap, duduk dan berdiri dengan menggunakan senjata laras panjang organik SS2 V1 dan pistol G2 Combat. 

Hadir dalam kegiatan menembak Danlanal Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Paspotmar, Dandenpomal, Perwira Staf Lanal Denpasar, Para Danposal Jajaran dan seluruh prajurit militer Lanal Denpasar.(AD)