TNI AL Melalui Jalasenastri Kodiklatal Gelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Melalui Jalasenastri Kodiklatal Gelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

Redaksi
Jumat, 13 Agustus 2021

Surabaya - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Jalasenastri Ke-75 tahun 2021 yang jatuh tanggal 27 Agustus mendatang, TNI AL melalui Pengurus Gabungan Jalasenatri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) menyelenggarakan donor darah konvensional dan donor plasma konvalesen untuk pasien Covid 19 yang dilaksanakan di Gedung Moelyadi kesatrian Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Kamis, (12/8/2021)

Kegiatan dalam rangkaian hari jadi Jalasenastri ini ditinjau secara langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal)  Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat. Dalam acara tersebut Dankdiklatal dan Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal juga turut mendonorkan darah kepada panitia.

Donor yang bekerja sama dengan kantor Cabang PMI Gresik dan Bangkalan ini juga dihadiri pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal Laksma TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik, para Direktur dan para Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal.

Komandan Kodiklatal  Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa target pendonor konvensional terdiri siswa Kodiklatal 1.500 personel, Prajurit Antap 500 personil dan Anggota Jalasenastri Kodiklatal 100 personel. Sedangkan donor Plasma Konvalesen diikuti  97 prajurit siswa, 22 Prajurit Antap dan anggota Jalasenasri 7 orang. 

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan setelah dinyatakan lolos saat pengambilan sampling para pendonor plasma Konvalesen ini akan dilaksanakan pengambilan plasma di Cabang PMI Gresik dan Cabang PMI Bangkalan mulai senin 16 Agustus yang akan datang, untuk perharinya 10 orang.

Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu masyarakat Jawa Timur yang 
membutuhkan darah dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial dari Jalasenastri Kodiklatal dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI pada masa Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun lebih. Sedangkan kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan tindak lanjut program pemerintah sekaligus intruksi dari Panglima TNI dan Kasal untuk mempercepat pencapaian Herd Imunity sehingga Indonesia sehat dan bebas covid 19 segera terwujud.

Untuk menghindari penyebaran Virus Corona dalam pelaksanaan donor darah tersebut, panitia mengedepankan protokol kesehatan secara ketat. Petugas mengadakan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun terhadap seluruh peserta. Protokol lainya adalah wajib menggunakan masker, menjaga jarak antar personel serta mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ruangan. Sedangkan petugas PMI menggunakan APD secara lengkap.(AD)