SERBUAN VAKSINASI TNI AL LANTAMAL VII KUPANG BAGI MASYARAKAT MARITIM DI WILAYAH PERBATASAN RI - TIMOR LESTE -->

Iklan Semua Halaman

SERBUAN VAKSINASI TNI AL LANTAMAL VII KUPANG BAGI MASYARAKAT MARITIM DI WILAYAH PERBATASAN RI - TIMOR LESTE

Redaksi
Sabtu, 14 Agustus 2021

Lantamal VII Kupang — Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021 dan untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 di daerah perbatasan, Prajurit TNI AL Lantamal VII Kupang dalam hal ini Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VII melaksanakan Serbuan Vaksinasi tahap pertama kepada Masyarakat Maritim Kabupaten Belu wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI) - Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), bertempat di Pos TNI AL (Posal) Atapupu, Kec. Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, NTT, pada Jumat (13/8/2021).

Dengan mengusung tema "Ayo Katong Vaksin Gratis, Aman dan Halal Supaya Katong Bebas Corona," serbuan vaksinasi tahap pertama kepada masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-RDTL ini di tinjau langsung oleh Wakil Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Wadan Lantamal) VII Kupang Kolonel Marinir Hendra Setiawan, S.E., M.M., yang mewakili Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.

Serbuan vaksinasi tahap pertama ini menargetkan kurang lebih 250 orang dengan menggunakan vaksin Sinovac dan melibatkan 10 orang Tenaga Kesehatan dari Diskes Lantamal VII Kupang.

Dalam sambutan Danlantamal VII Kupang yang dibacakan Wadan Lantamal VII mengatakan saat ini telah terjadi lonjakan kasus covid hingga mencapai 3 sampai 4 kali lipat, untuk itulah percepatan program vaksinasi nasional terus dilakukan pemerintah guna menciptakan kekebalan komunal dan menekan laju penyebaran Covid-19. 

Lebih lanjut Lantamal VII Kupang sebagai bagian dari organisasi TNI mendukung penuh program percepatan vaksinasi pemerintah. Oleh karena itu melalui program pekan serbuan vaksinasi masyarakat maritim TNI AL yang dilaksanakan di Posal Atapupu di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste ini dalam rangka mendukung program pimpinan TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut ( Kasal) sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021.

"Saya berharap dengan serbuan vaksinasi maritim TNI AL di Posal Atapupu dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat di perbatasan. Walaupun setelah melaksanakan vaksinasi, tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan yaitu 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas dalam kehidupan sehari-hari," ujar Wadanlantamal VII saat membacakan sambutan Danlantamal VII. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Belu Bapak dr. Agustinus Taolin, Sp.PD-KEGH FINASIM., mengucapkan  terima kasih kepada TNI AL terutama Lantamal VII yang sudah mengadakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Berharap masyarakat yang sudah menerima vaksin agar terus menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker.

Kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, sebagai bagian sumbangsih TNI AL dalam mendukung program pemerintah untuk menyukseskan serbuan vaksinasi nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di NTT.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asops Danlantamal VII, Wakil Dekan vokasi Unhan, Dandim 1605/Belu, Kapolres belu, Danramil 1605-02 atapupu, Kadiskes Lantamal VII, Camat Kalkuluk Mesak, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat.(AD)