Prajurit Siswa Kodiklat TNI AL Kembali Laksanakan Donor Plasma Konvalesen -->

Iklan Semua Halaman

Prajurit Siswa Kodiklat TNI AL Kembali Laksanakan Donor Plasma Konvalesen

Redaksi
Rabu, 25 Agustus 2021

Surabaya - Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, prajurit siswa Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) melaksanakan donor plasma konvalesen di PMI Cabang Gresik, Rabu (25/08).

Mereka melaksanakan donor plasma konvalesen, usai menjalani screening yang dilaksanakan oleh petugas PMI Cabang Gresik beberapa hari lalu dan dinyatakan memenuhi syarat untuk  donor plasma. 
Menurut Dansepa Pusdikkes Letkol Laut (K) Harjono selaku penanggung jawab pelaksanaan donor plasma di Kodiklatal, mereka adalah para penyintas Covid-19 yang terpapar Covid-19 saat mengikuti pendidikan di Puslatdiksarmil. Secara umum, prajurit siswa Kodiklatal memiliki imun yang baik, sehingga saat terpapar mereka tidak merasakan gejala yang berarti. "Mereka termasuk dalam orang tanpa gejala (OTG)," ujar Dansepa Pusdikkes.
Kali ini, kegiatan donor plasma konvalesen diikuti oleh 12 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL yang sedang menjalani pendidikan di Puslatdiksarmil. Mereka diberangkatkan ke PMI Cabang Gresik dengan didampingi oleh  Perwira Pembimbing Siswa (Pabingsis) Letda Laut (K) Denis.
Permintaan plasma konvalesen di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik saat ini cukup tinggi. Hampir setiap hari, masyarakat antri di PMI untuk mendapatkan plasma konvalesen.  Bahkan permintaan itu, kadang disampaikan melalui media sosial dan media radio.
"Oleh karena itu, kami sebagai prajurit TNI AL merasa terpanggil untuk  membantu proses penyembuhan masyarakat yang terpapar virus corona, sehingga mereka dapat kembali beraktifitas seperti biasa," ujar Dansepa Pusdikkes.(Red)