Pembagian BLT Desa Punden Rejo Tertib dan Memakai 5M -->

Iklan Semua Halaman

Pembagian BLT Desa Punden Rejo Tertib dan Memakai 5M

Redaksi
Selasa, 24 Agustus 2021

Desa punden rejo - Kecamatan Tanjung morawa, Kabupaten Deli Serdang, sukses menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahun 2021, yang di bagikan untuk bulan Pebruari Maret April,

Selama pembagian BLT itu, Pemdes punden rejo menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Penyelenggara mewajibkan semua hadirin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pembagian BLT DD tersebut mengambil tempat di aula Desa punden rejo. Kepala Desa punden rejo Mesno saat di konfirmasi melalui bendahara desa Hariyanto,  ketika ditemui di tempat pembagian mengatakan, di desa yang dipimpinnya, masyarakat terbiasa melaksanakan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan disiplin masyarakat terhadap pelaksanaan aturan prokes. Masyarakat harus menerapkan prokes pada setiap kegiatan, terlebih pada kegiatan pembagian BLT DD yang melibatkan banyak orang," ujar Heriyanto.

Perangkat desa terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kecamatan Tanjung morawa sebelum pelaksanaan pembagian BLT DD. Tujuannya agar pada kegiatan tersebut tidak terjadi pelanggaran prokes.

"Sejak awal kami telah mempersiapkan alat dan fasilitas untuk mendukung terpenuhinya syarat-syarat prokes pada pembagian BLT DD. Sebelumnya kami juga memberitahukan para penerima bantuan untuk memakai masker ketika akan mengambil bantuan," tutur Hariyanto.

Pemerintah desa menyediakan alat pengukur suhu tubuh, hansanitizer, masker cadangan, dan mengatur kursi untuk warga yang mengantre agar mereka dapat menjaga jarak minimal satu meter. 

Pada pembagian BLT ini, semua penerima dan perangkat desa yang membagikan harus mematuhi protokol kesehatan.

"Alhamdulillah, pembagian BLT DD tahap dua di Desa punden Rejo berjalan tertib dan lancar sesuai dengan rencana. Para penerima bantuan sangat antusias dan tertib serta tetap disiplin dalam mentaati prokes," 

Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan sebesar Rp900.000. Jumlah penerima bantuan mencapau 120 KPM yang merupakan warga terdampak langsung oleh wabah Covid-19.

"Semoga bantuan ini dapat peringankan beban kehidupan warga yang sudah satu tahun lebih berjuang di tengah wabah Virus Corona," ungkap Hariyanto. (Waty)