Panglima TNI Apresiasi Potensi Yang Dimiliki dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Merauke -->

Iklan Semua Halaman

Panglima TNI Apresiasi Potensi Yang Dimiliki dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Merauke

Redaksi
Jumat, 27 Agustus 2021

Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., memimpin diskusi dan tatap muka bersama Forkopimda Kabupaten Merauke, bertempat di Kantor Bupati Merauke, Jumat (27/8/2021). 

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI memberikan apresiasi yang sangat besar atas potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Merauke dan semangat Bupati Merauke untuk bisa memajukan Kabupaten Merauke, termasuk juga dalam penanganan Covid-19. 

"Saya yakin bahwa Bapak Bupati telah memiliki strategi untuk meningkatkan bidang pendidikan dan Sumber Daya Manusia, sehingga generasi penerus siap untuk mensejahterakan dan memajukan Kabupaten Merauke dimasa depan," ucapnya. 

Panglima TNI menambahkan dalam menyambut PON XX, Papua dan Kabupaten Merauke akan menjadi tuan rumah sebagai even nasional yang bergengsi tersebut. Tentunya untuk mendukung PON XX mendatang, venue sudah dibangun dengan kata lain secara fisik siap. "Walau kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Merauke sudah menurun, namun pasien yang dirawat di Rumah Sakit hanya sekitar 34% dari kasus konfirmasi," ujarnya. 

"Saat ini positivity rate berada di angka 5,50 dan pelacakan kontak erat masih perlu ditingkatkan indikator yang baik yaitu BOR yang rendah dan angka kematian 0 di Merauke, ini berarti perawatan di Rumah Sakit berlangsung dengan baik," jelas Panglima TNI. 

Panglima TNI juga menyampaikan bahwa yang perlu diperbaiki saat ini yaitu tracing untuk mencegah penularan dan positivity rate menurun, dengan pelacakan yang sesuai standar, agar masyarakat yang memiliki komorbid dapat ditangani dan dirawat sehingga mencegah kematian. 

"Namun akan lebih baik lagi jika masyarakatnya juga sehat dan divaksin agar dapat menikmati pertandingan dan cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan serta akan menggerakan roda perekonomian masyarakat," kata Panglima TNI. 

Nantinya, keberhasilan penanganan pandemi dan penyelenggaraan PON XX akan menjadi sebuah kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Papua. 

Di sisi lain, Panglima TNI mengatakan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, saat ini harus meminimalisasi mobilitas masyarakat, memperkuat 3T (testing, tracing, treatment) untuk menurunkan laju penularan dan menyiapkan Isoter bagi masyarakat yang Isoman agar termonitor dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. 

"TNI-Polri siap menggencarkan vaksinasi dan membantu Pemda di sentra-sentra vaksinasi maupun dengan menjemput bola ke kampung-kampung dengan mengerahkan vaksinator TNI-Polri," Tegas Panglima TNI. 

Kegiatan dilanjutkan Panglima TNI, Kapolri dan Menpora meninjau Venue PON XX Stadion Katalpal Kabupaten Merauke.(Red)