Pangkoarmada II Hadiri Secara Virtual TNI AL The 4th International Maritime Security Symposium 2021 -->

Iklan Semua Halaman

Pangkoarmada II Hadiri Secara Virtual TNI AL The 4th International Maritime Security Symposium 2021

Redaksi
Selasa, 24 Agustus 2021

Surabaya ,- Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P, M. Tr. (Han), hadir secara virtual dalam ajang International Maritime Security Symposium (IMSS) 2021 yang kembali digelar oleh TNI AL,  bertempat di Auditorium Yos Sudarso, Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan pada Senin (24/8.)

Event internasional yang digelar selama dua hari, dari tanggal 23-24 Agustus 2021 ini merupakan yang keempat kalinya digelar oleh TNI AL. IMSS pertama kali dan kedua dilaksanakan di Jakarta pada tahun 2013 dan 2015, sementara IMSS ketiga dilaksanakan di Bali tahun 2017.

Secara resmi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., membuka kegiatan yang mengusung tema International Maritime Security Cooperation for Security, Peace and Prosperity,  dengan mengundang 38 Atase pertahanan negara-negara sahabat dan mengundang secara Virtual 16 Kepala Staf Angkatan Laut Negara Sahabat dan Peserta Undangan Virtual lainnya. 

Event dua tahunan dengan tuan rumah Seskoal ini dilaksanakan dalam rangka mengeksplorasi perkembangan tren terkini terhadap tantangan ketertiban laut, dalam membangun kerangka kerja sama keamanan maritim multilateral yang efektif di kawasan dengan harapan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mewujudkan ketertiban dan keamanan di laut.

Kasal saat membuka event tersebut menyatakan betapa pentingnya pertemuan ini guna merumuskan fondasi keamanan maritim secara bersama. "Pertemuan ini sangat penting sebagai wadah untuk membahas masalah keamanan maritim. Di masa yang akan datang, sektor maritim menjadi penting. Diharapkan event ini mampu memberikan manfaat dalam menurunkan tingkat pelanggaran hukum di laut, sekaligus mempererat hubungan diplomasi antar negara, " tegas Kasal.(Pen2)