Kerahkan Personel dan Alutsista, Koarmada III dan Pushidrosal Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Raja Ampat -->

Iklan Semua Halaman

Kerahkan Personel dan Alutsista, Koarmada III dan Pushidrosal Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Raja Ampat

Redaksi
Selasa, 24 Agustus 2021

Surabaya - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III menegaskan bahwa Koarmada III beserta jajaran telah mengerahkan kekuatan personel maupun alutsistanya untuk mensukseskan program serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. 

"Serbuan vaksinasi yang telah diselenggarakan oleh Koarmada III tidak hanya mengambil lokasi di wilayah Sorong Raya, tetapi juga diberikan kepada masyarakat yang bertempat tinggal di pulau-pulau terpencil dan terdepan di wilayah kerja Koarmada III (Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat), yang mana wilayah tersebut sulit terjangkau oleh moda transportasi laut maupun udara," tegas Pangkoarmada III dalam sambutannya pada acara serbuan vaksinasi dan bakti sosial di Waisai, Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Selasa (24/08/2021).

Vaksinasi dan bakti sosial yang digelar di Waisai ini diselenggarakan Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut bekerja sama Koarmada III sebagai salah satu kegiatan dalam rangka Ekspedisi Jala Citra-2021 Aurora Pushidrosal. Pada kegiatan ini, Koarmada III mengerahkan dua Kapal Perang Republik Indonesia, yakni KRI Gulamah-869 dan KRI Mata Bongsang-873.  

Kegiatan Vaksinasi dan bakti sosial tersebut ditinjau langsung oleh Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut, Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., Pangkoarmada III Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla, Komandan Guskamla Koarmada III Laksma TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., Ketua Daerah Jalasenastri Ny. Yuanita Irvansyah, Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, S.E., dan sejumlah pejabat lainnya.
 
Menurut Pangkoarmada III, serbuan vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu bentuk dukungan dalam mensukseskan program vaksinasi nasional, 2 juta vaksin perhari, sesuai dengan target yang telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

"Serbuan vaksin masyarakat maritim ini merupakan rangkaian kegiatan Ekspedisi Jala Citra 1 - 2021 "Aurora" yang sebelumnya telah dilaksanakan upacara pelepasan oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., di dermaga Pondok Dayung, Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada tanggal 3 Agustus 2021," jelasnya.

Pangkoarmada III mengingatkan masyarakat bahwa vaksinasi Covid-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan, dan memerlukan waktu sekitar satu bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan, dan suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk. 

"Program vaksinasi, sekali lagi, tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari Covid-19, tetapi harus tetap diiringi dengan disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan memakai sabun dengan menggunakan air yang mengalir serta membatasi mobilitas, ujarnya.
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)