Kali Keempat, TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Sorong Tetap Diserbu Warga -->

Iklan Semua Halaman

Kali Keempat, TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Sorong Tetap Diserbu Warga

Redaksi
Sabtu, 21 Agustus 2021

Surabaya - Meskipun kali keempat, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) III melaksanakan vaksinasi masyarakat maritim yang digelar di Pelabuhan Umum Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Sabtu (21/08/2021) tetap disebur warga. Serbuan yang keempat di pelabuhan ini menyasar Penumpang Kapal, Tenaga Kerja Bongkat Muat, pedagang asong, dan masyarakat umumnya. 

Serbuan yang keempat di pelabuhan ini sama seperti serbuan ketiga (01/08/2021) menyasar penumpang kapal, Tenaga Bongkar Muat Pelabuhan, pedagang asongan, dan masyarakat umumnya. Sebelumnya, yaitu tanggal 17 dan 25 Juli 2021, Koarmada III juga melaksanakan kegiatan yang sama di terminal penumpang pelabuhan tersebut dengan menyasar anak buah kapal, tenaga bongkar muat, penumpang, porter, dan masyarakat umumnya. 

Penyelenggaraan vaksinasi masyarakat maritim yang keempat kalinya di Pelabuhan Umum Sorong ini sebagai respon meningkatnya kesadaran masyarakat melaksanakan vaksinasi Covid-19. Untuk itu, Koarmada III dan jajaran terus melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim hingga mencapai 70 persen warga tervaksin. Pada proses vaksinasi juga diberikan sosialisasi secara persuasif penerapan protokol kesehatan meskipun sudah melaksanakan vaksin. 

Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., menegaskan serbuan vaksinasi masyarakat maritim ini merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., dalam rangka mendukung program nasional dua juta orang tervaksin dalam sehari. 

"Koarmada III dan jajaran terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat yang digelar di fasilitas umum perkotaan, pedesaan, pesisir dan di pulau-pulau kecil yang sangat sulit dijangkau transportasi apapun bahkan listrik juga belum ada," tegasnya. 
Dalam waktu dekat ini, akan dilanjutkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di pulau-pulau kecil, antara lain Kepulauan Raja Ampat, Pulau Doom, Pulau Buaya, Pulau Soop, dan sejumlah pulau kecil gugusan Kepulauan Raja Ampat. 

Di wilayah berbeda, Komando Armada III dan jajaran juga melancarkan serbuan vaksinasi masyarakat maritim secara masif, baik di perkotaan maupun di pulau-pulau kecil yang sulit dijangkau, yakni Guspurla dan Guskamla Koarmada III melaksanakan vasinasi di pulau-pulau kecil terpencin dan terluar. 

Sementara itu Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada III, yakni Lantamal IX Ambon, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke, dan Lantamal XIV Sorong serta Lanal Saumlaki, Lanal Morotai, Lanal Biak, Lanal Tual, Lanal Ternate, Lanal Timika, dan Lanal Aru melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di wilayah kerjanya masing-masing. 
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.(AD)