Implementasikan Delapan Wajib TNI Siswa TNI AL Puslatdiksarmil Kodiklatal Laksanakan Donor Plasma Konvalesen -->

Iklan Semua Halaman

Implementasikan Delapan Wajib TNI Siswa TNI AL Puslatdiksarmil Kodiklatal Laksanakan Donor Plasma Konvalesen

Redaksi
Kamis, 26 Agustus 2021

Sidoarjo  - Rangkaian kegiatan donor plasma konvalesen dari siswa untuk sesama di Kodiklatal masih terus dilaksanakan sampai saat ini dan ditindaklanjuti dengan kegiatan pengambilan plasma Konvalesen.  Kegiatan donor plasma konvalesen yang akan dilaksanakan selama tiga hari tersebut bekerja sama dengan PMI Cabang Gresik serta melibatkan siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal sekaligus sebagai pendonor plasma konvalesen.

Pengambilan plasma Konvalesen di PMI Cabang Gersik yang bertujuan untuk mendukung penyembuhan Covid-19 bagi masyarakat yang berdampak ini dilepas langsung Komandan Puslatdiksarmil (Danpuslatdiksarmil) Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo dari halaman Mako Pusladiksarmil Juanda Sidoarjo, Kamis, (26/8/2021).

Disela sela pelepasan Danpuslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan pengambilan plasma konvalesen di PMI Gresik ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan screning  donor plasma yang dilaksanakan di gedung Agung Puslatdiksarmil beberapa waktu lalu. Sehubungan pengambilan plasma memakan waktu hampir satu jam untuk satu orang maka keberangkan dalam satu hari 15 orang selama tiga hari kedepan.

Adapun pengambilan plasma Konvalesen ini dalam rangka memberikan terapi terhadap pasien Covid-19 yang saat ini sedang membutuhkan, upaya ini dilaksanakan dalam rangka perintah Komandan Kodiklatal yang merupakan instruksi langsung Kepala Staf Angkatan Laut yang memerintahkan agar seluruh jajaran untuk melaksanakan kegiatan serbuan vaksin Covid-19 dan salah satunya adalah donor plasma konvalesen.

Menurutnya Puslatdiksarmil siap melaksanakan program kegiatan donor plasma konvalesen dari siswa untuk sesama, harapannya apa yang dilaksanakan oleh Puslatdiksarmil yang bekerjasama dengan PMI Gresik dapat membantu dan memberikan manfaat untuk masyarakat di Jawa Timur dan sekitarnya.

Rangkaian kegiatan Donor Plasma Konvalesen dari Siswa untuk Sesama di Kodiklatal merupakan pengimplementasian dari delapan wajib TNI khususnya urut ke-8 yaitu "Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya" yang memang diajarkan dalam setiap kegiatan pendidikan di lingkungan TNI khususnya di Kodiklatal untuk menanamkan rasa keperdulian yang tinggi terhadap perkembangan sosial di masyarakat. 

Oleh sebab itu, kegiatan donor plasma konvalesen dari siswa untuk sesama merupakan kegiatan yang diharapkan sangat membantu masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya, karena pemanfaatnya yang besar untuk keselamatan manusia Puslatdiksarmil Kodiklatal siap mendukung program tersebut.(AD)