Hadir Layani Masyarakat, Posko Bantuan Oksigen Darurat TNI AL Selalu Siaga -->

Iklan Semua Halaman

Hadir Layani Masyarakat, Posko Bantuan Oksigen Darurat TNI AL Selalu Siaga

Redaksi
Jumat, 27 Agustus 2021

Surabaya - Bergerak tanpa henti melayani masyarakat, TNI AL melalui Koarmada II terus membantu Pemerintah untuk mempercepat penanganan Covid-19 dengan mendirikan posko bantuan oksigen darurat, guna melayani pengisian ulang tabung oksigen.

Sejak didirikan pada 22 Juli 2021, posko oksigen TNI AL Koarmada II yang berlokasi di Jalajaya, telah membantu masyarakat dan Pemkot Surabaya mengatasi kelangkaan oksigen disaat kasus Covid-19 melonjak tinggi di Kota Pahlawan. Hingga, Jumat (27/8) ribuan liter oksigen telah tersalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Posko yang beroperasi selama 24 jam penuh ini mendapat suplai oksigen dari generator oksigen yang dimiliki KRI dr. Soeharso-990. Sehingga kapal bantu rumah sakit dari Satuan Kapal Bantu Koarmada II ini pun difungsikan sebagai depo isi ulang oksigen. KRI SHS-990 juga sempat membantu pemprov Jawa Tengah dalam memenuhi pasokan oksigen ke sejumlah rumah sakit di wilayah Semarang Raya.

Komandan Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II, Kolonel Laut (P) Agus Haryanto, mengatakan jika satgas yang dipimpinnya terus siaga melayani masyarakat yang butuh oksigen darurat. "Meski jumlahnya (pendaftar) jauh berkurang, kita tetap siaga operasi 24 jam, " ujarnya.

Namun menurut Agus-sapaan karibnya, pihaknya tidak bisa memastikan hingga kapan mereka akan beroperasi. " Kita tidak tahu hingga ada perintah lebih lanjut dari pimpinan. Tapi sesuai arahan Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han), sepanjang masyarakat masih membutuhkan bantuan oksigen maka akan kita bantu. Karena ini termasuk program prioritas TNI AL yag dicetuskan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. untuk membantu pemerintah mempercepat penanggulangan Covid-19 dan mencegah semakin luas penyebarannya di Indonesia," tandas Agus(red).

Sumber : Kadispen Koarmada II