Diskum Koarmada II Ikuti Briefing Akhir Latgakkumla TNI AL Tahun 2021 -->

Iklan Semua Halaman

Diskum Koarmada II Ikuti Briefing Akhir Latgakkumla TNI AL Tahun 2021

Redaksi
Selasa, 24 Agustus 2021

Surabaya - Perwira Dinas Hukum (Diskum) Koarmada II dan jajarannya yang tergabung dalam Komando Tugas II, mengikuti briefing akhir Latihan Penegakan Hukum Di Laut (Latgakkumla) TNI AL Tahun 2021 secara virtual dari Rupat Diskum Koarmada II, Surabaya, Selasa (24/8).

Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Diskum AL) telah menggelar  Latgakkumla  TNI AL Tahun 2021, yang ditandai dengan  briefing awal latihan oleh  Kadiskum AL Laksma TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H., selaku Direktur Latihan pada Rabu (18/8) lalu yang mengusung tema " Diskumal Melaksanakan Latihan Penegakan Hukum Di Laut Ta 2021 Di Jakarta Dalam Rangka Menegakkan Hukum Dan Menjaga Keamanan Laut Yurisdiksi Nasional".

Latgakkumla TNI AL Tahun 2021 dilaksanakan secara daring, dan diikuti 240 peserta yang bertugas di KRI, Pangkalan (Lantamal dan Lanal), Posmat TNI AL  dalam wilayah satuan kerja Koarmada I, II, III, Kolinlamil dan Pushidrosal. Peserta selama latihan mendapatkan pembekalan dari Narasumber antara lain Kadiskum AL,  Pejabat Sahli JAM Pidum Kejagung, Pejabat Dit. POA Ditjen PSDKP KKP, Pejabat Dit. KPLP Ditjen Hubla, Sekdiskum AL dan Guskamla Koarmada I. 

Selaku Dirlat, Kadiskum AL dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur karena latihan berjalan aman, lancar dan sukses sesuai harapan bersama. " Untuk itu saya sampaikan penghargaan yang tinggi dan ucapan terima kasih atas pengorbanan dan kerja keras seluruh peserta, sehingga bisa dijadikan referensi pengalaman yang baik dalam tugas penegakkan hukum di laut ", ujar Laksma Leonard.

Ia juga berharap agar apa yang didapat dari kegiatan ini baik berupa materi maupun saat berdiskusi dengan para narasumber, dapat dimengerti dan dipahami bahwa pelaksanaan penegakkan hukum di laut yang bersumber dari Hukum Nasional maupun Internasional sangat penting bagi para perwira TNI AL. Untuk itu hendaknya seluruh peserta dapat diimplementasikan dalam tugas dan men-transformasikannya kepada personel lainnya . Sehingga apa yang kita kerjakan selama ini merupakan upaya untuk mengatasi dan mewujudkan laut yang aman dan bebas dari ancaman tindakan kekerasan dan pelanggaran hukum.

Sementara itu secara terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) berharap melalui Latgakkum TNI AL 2021,  dapat meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme para perwira Diskum Koarmada II dalam menegakkan hukum di laut. 

"Menegakkan hukum di laut adalah tugas yang tidak ringan, mengingat keterbatasan sarana prasarana dan sumber daya yang tersedia dihadapkan dengan luas laut yurisdiksi nasional Indonesia serta kompleknya permasalahan keamanan laut di Indonesia, " tegas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.(Pen2)