Dandim 0105/Abar Bersama Unsur Forkopimda Peringati Tahun Baru lslam 1 Muharram 1443 H Di Masjid Agung Baitul Makmur -->

Iklan Semua Halaman

Dandim 0105/Abar Bersama Unsur Forkopimda Peringati Tahun Baru lslam 1 Muharram 1443 H Di Masjid Agung Baitul Makmur

Redaksi
Selasa, 10 Agustus 2021

Aceh Barat - Syiar Agama melalui Peringatan Tahun Baru lslam 1 Muharram 1443 Hijriah di Aceh Barat dihadiri Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dan Unsur Forkopimda serta Komponen Masyarakat dengan mempedomani Protokol Kesehatan sangat ketat. Kegiatan digelar di Masjid Agung Baitul Makmur yang berada di Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (10/8/2021)

Majelis ini dihadiri Bupati H. Ramli MS, Wakil Bupati DRS. Banta Puteh Syam, S.H., M.M., Danrem 012/TU diwakili Kasrem Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd., Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., Wakapolres Kompol Adi Sofyan, S.H., M.H., Anggota DPRK H. Kamaruddin, Ketua MPU Tgk. H. Abdul Rani Adian, Pasi Teritorial Kodim 0105/Abar Lettu lnf Khaerul Zein, S.H., Penceramah Tgk. H. Mahdi Kari Usman., S.Pd.l., Para Kepala Dinas/Badan dan Kantor, Para Camat se - Kabupaten Aceh Barat serta Komponen Masyarakat.

Peringatan Tahun Baru lslam ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al - Qur'an yang dilantunkan oleh Tgk. Roni Saputra, S.Sos dan dilanjutkan Sholawat Baddar.

Dalam tausiyah tersirat, Tgk. H. Mahdi Kari Usman, S.Pd.l., mengupas beberapa makna Hijrah. Diantaranya adalah Hijrah lkhtikodiyah (keyakinan), Hijrah Sulukiyah (perkataan, perbuatan), Hijrah Sukuriyah (penampilan) serta Hijrah Keilmuan. Yang kesemuanya harus lebih baik dan lebih bermakna kedepannya.

"Tahun Baru lslam ini mengingatkan Kita pada perjuangan Nabi Muhammad SAW yang pada kala itu Hijrah dari Mekkah menuju Madinah. Pada masanya, Hijrah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan iman dan sekaligus menyelamatkan jiwa manusia. Sebab, saat itu umat Muslim mendapatkan penyiksaan dari para ahli yang ada di Mekkah. Termasuk Abu Lahab yang ingin mencelakai dan melenyapkan Nabi Muhammad, bahkan mendirikan Posko yang dinamai Baitul Najwah. Untuk itu, sebagai umatNya maka Kita wajib bersyukur dengan berhijrah menjadi manusia yang lebih baik dan berakhlakul karimah", ulas Tgk. H. Mahdi

Sementara Bupati H. Ramli MS, dalam sambutannya mengatakan, setidaknya melalui Peringatan 1 Muharram ini bisa memperbaiki tingkah laku di masa depan dengan meningkatkan ibadah maupun sedekah.

"Dalam sisa waktu hidup ini, marilah Kita masukkan hawa positif kedalam jiwa dan raga Kita untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. Sebab, umur manusia berada di lorong waktu yang terbatas. Sehingga harus terus berupaya membekali diri dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai wujud transformasi diri kearah yang lebih baik dan bermakna. Dengan demikian, Negara Kita akan semakin aman, makmur dan dijauhkan dari bala bencana termasuk diselamatkan dari ancaman Covid - 19", tandas Bupati

Sementara itu, Dandim 0105/Abar berharap momentum pengajian Tahun Baru lslam tersebut hendaknya bisa dijadikan sebagai pemacu semangat serta pemantapan tekad untuk senantiasa menghijrahkan diri menuju kehidupan yang lebih baik dalam menegakkan Agama Allah.

"Mari Kita jadikan Tahun Baru lslam ini sebagai momentum introspeksi diri serta memiliki semangat baru untuk merancang dan melaksanakan kehidupan secara lebih baik dan beradab. Sebab, orang yang beruntung adalah orang yang melalui hari ini lebih baik dari hari kemarin. Untuk itu, Saya mengajak segenap masyarakat Aceh Barat agar membangun kembali tatanan kehidupan dalam menegakkan aqidah, menjalankan ibadah serta merealisasikan ajaran lslam yang menjadi rahmatan lil alamin (rahmat bagi alam semesta)", pungkas Letkol Dimar

Prosesi acara berjalan cukup khidmat, sebagai rasa syukur kepada Allah SWT berkat kelancaran maka acara ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Tgk. Abdul Rani Adian yang membawakan do'a Tahun Baru (1 Muharram)(Red)