TNI AL Gelar Gerai Vaksinasi Masyarakat Maritim di MimikaUntuk mempermudah masyakarat melaksanakan vaksin Covid-19. -->

Iklan Semua Halaman

TNI AL Gelar Gerai Vaksinasi Masyarakat Maritim di MimikaUntuk mempermudah masyakarat melaksanakan vaksin Covid-19.

Redaksi
Kamis, 22 Juli 2021

Surabaya - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Timika menggelar sejumlah Gerai Vaksinasi Masyarakat Maritim 19 di Kabupaten Mimika. Selaijn itu, Lanal Timika juga terus melancarkan serbuan vaksinasi yang diselenggarakan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pomako, Rabu (21/07/2021). 


Pelaksanaan gerai vaksin terpadu itu terselenggara atas sinergitas Lanal Timika, Polsek KP3 Kawasan Pelabuhan Pomako, Koramil 1710-07/Mapurujaya, Polairud Polres Mimika, Dinas Perikanan Kabupaten Mimika dan Puskesmas Mapurujaya.

Menurut Komandan Lanal Timika, Letkol Laut (P) Deni Indra M, SSos MTr Hanla., M.M., pelaksanaan gerai vaksin terpadu kepada masyarakat tersebut merupakan salah satu upaya mendukung program Pemerintah satu juta vaksin perhari guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia lebih khususnya di Kabupaten Mimika. 

"Serbuan vaksinasi ini merupakan program pemerintah dan atas perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membantu menyukseskan program satu juta vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia," tegasnya.  

Komandan Lanal Timika juga berpesan kepada masyarakat yang telah melaksanakan vaksin, agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan, berarti masyarakat peduli terhadap dirinya, keluarganya, dan lingkungan sekitarnya.
"Selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas. 

Dengan program gerai vaksin terpadu ini, diharapkan mempercepat percapaian terhadap Herd Immunity, sehingga program pemerintah ke depan dapat terwujud, dengan cepat menuju Indonesia Sehat bebas dari Covid-19," ujarnya. 

Selanjutnya Danlanal juga menambahkan, pelaksanaan gerai vaksin terpadu itu mendapat dukungan penuh dari tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika dan medis dari Lanal Timika, serta tim medis dari Puskesmas Mapurujaya. dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kemudian kata Letkol Deni Indra bahwa pelaksanaan gerai vaksin terpadu itu selain melayani masyarakat secara umum, juga melayani remaja dengan usia mulai dari 12 tahun hingga 18 tahun. "Untuk usia 12 sampai 18 tahun juga sudah bisa dapatkan vaksin,"sambung Danlanal.

Pelaksanaan gerai vaksin terpadu yang dilaksanakan Lanal Timika itu, cukup mendapat respon yang positif dari masyarakat pesisir. Dimana ratusan masyarakat tampak mendatangi PPI Pomako guna mendapatkan vaksinasi Covid-19.
Sementara itu data dari Lanal Timika menyebutkan untuk jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin selama pelaksanaan gerai vaksin terpadu yang dilakukan Lanal Timika sendiri, yakni berjumlah 941 orang.

Selain pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan Lanal Timika di gerai vaksin terpadu di PPI Pomako, terdapat juga sejumlah gerai vaksin terpadu yang ada di beberapa titik di Kabupaten Mimika yakni gerai vaksin terpadu di Distrik Mimika Baru (Miru).
Kemudian gerai vaksin terpadu di Distrik Wania, gerai vaksin terpadu di Distrik Mimika Timur (Miktim), gerai vaksin terpadu di Bandara Mozes Kilangin, gerai vaksin terpadu di kantor Pelayanan Polres Mimika, gerai vaksin terpadu di Rumkitban Timika, dan gerai vaksin terpadu di Distrik Kuala Kencana(red).