Tiga Jabatan Strategis Kodiklat TNI AL Diserahterimakan -->

Iklan Semua Halaman

Tiga Jabatan Strategis Kodiklat TNI AL Diserahterimakan

Redaksi
Selasa, 27 Juli 2021

Surabaya - Tiga jabatan strategis dilingkungan Komando  Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) diserah terimakan. Ketiga Jabatan tersebut adalah Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik) dan Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) Kodiklatal. 
Serah terima jabatan yang dipimpin langsung Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat tersebut dilaksanakan di Gedung Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Selasa, (27/7/2021).

Jabatan Wadan Kodiklatal diserahterimakan dari Mayjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si. (Han), CHRMP. kepada Laksma TNI Agus Hariadi, jabatan Kapokgadik diserahterimakan dari Laksma TNI Aruman, S.E. kepada Laksma TNI Zulkifli Mahmud, CHRMP dan jabatan Dirjianbang diserahterimakan dari Laksma TNI Rachmad Jayadi kepada Laksma TNI Dafit Santoso.

Sebelum menjabat Wadan Kodiklatal Laksma TNI Agus Hariadi menjabat Waasops Kasal sedangkan Mayjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si. (Han), CHRMP. selanjutnya menjabat Komandan Puspomal. Laksma TNI Zulkifli Mahmud, CHRMP sebelum menjabat Kapokgadik menjabat Wadan Puspomal sedangkan Laksma TNI Aruman, S.E selanjutnya menempati jabatan Staf Khusus Kasal. Laksma TNI Dafit Santoso sebelum menjabat Dirjianbang menempati jabatan Kepala Staf Koarmada II sedangkan Laksma TNI Rachmad Jayadi selanjutnya menjabat Kepala Staf Koarmada II.

Dankodiklatal Laksamana TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan bahwa serah terima jabatan pada hakikatnya merupakan dinamika dan kebutuhan organisasi guna menghasilkan kinerja yang lebih baik, responsif dan antisipatif dalam menghadapi tantangan tugas sekaligus merupakan sebuah amanah yang dipercayakan oleh pemimpin yang mengandung arti betapa besar dan tingginya harapan pemimpin TNI AL terhadap kapabilitas dan kompetensi pejabat yang ditunjuk dalam memenuhi  tugas dan tanggung jawab yang diemban.  

Menurutnya Wadan Kodiklatal bertugas membantu Dankodiklatal menyelenggarakan pembinaan doktrin, pendidikan, latihan dan pengkajian serta mengendalikan dan mengkoordinir kegiatan staf dalam proses perencanaan dan pelaksanaan serta pengawasan dan pengendalian program dan anggaran di lingkungan Kodiklatal.

Sedangkan Kapokgadik Kodiklatal adalah  pelaksana yang bertugas membantu Dankodiklatal dibidang pelaksanaan pengajaran, pelatihan, pembimbingan dan pengasuhan siswa, aspek kemimbarajaran, serta pengendali mutu atau kualitas di bidang pengajaran, latihan dan pembimbingan siswa.

Dirjianbang Kodiklatal, bertugas merumuskan dan mengembangkan kebijakan Dankodiklatal dalam menyelenggarakan bidang pengkajian dan pengembangan pendidikan, latihan, kepustakaan, serta evaluasi pendidikan dan latihan di Kodiklatal

Selaku Dankodiklatal dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Mayjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han), CHRMP., Laksma TNI Aruman, S.E., dan Laksma TNI Rachmad Jayadi, yang telah menyelesaikan penugasan masing-masing sebagai Wadan Kodiklatal, Kapokgadik dan Dirjianbang Kodiklatal.  Semoga  pengalaman  bertugas di Kodiklatal bisa menjadi bekal sekaligus guru terbaik dalam melanjutkan penugasan yang baru. 

Sedangkan kepada  Laksma TNI Agus Hariadi, Laksma TNI Zulkifli Mahmud, CHRMP., dan Laksma TNI Dafit Santoso, Dankodiklatal mengucapkan  selamat  datang  dan  selamat  atas  jabatan   barunya sebagai   Wadan   Kodiklatal,  Kapokgadik   dan Dirjianbang Kodiklatal. Kepercayaan, kehormatan dan  penghargaan   yang   tinggi   dari   pemimpin  TNI AL  untuk   menempati  penugasan ini,  hendaknya  dapat  memacu  semangat  berprestasi  lebih  baik  lagi  demi  keberhasilan tugas pokok Kodiklatal dalam melahirkan prajurit TNI AL yang unggul,  profesional dan modern.(AD)