Melalui Vidcon Danpuspenerbal Hadiri Sidang Wanbangopstik Tahun 2021 -->

Iklan Semua Halaman

Melalui Vidcon Danpuspenerbal Hadiri Sidang Wanbangopstik Tahun 2021

Redaksi
Jumat, 16 Juli 2021

Surabaya - Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) glima Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, S.H., M. Han., menghadiri pembukaan Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) tahun 2021, yang dilaksanakan secara virtual dari Gedung Wisma Perwira (Wispa) Lanudal Juanda Sidoarjo, Kamis kemarin (15/7). Acara Wanbangopstik yang dilaksanakan secara virtual ini dibuka oleh Asisten Operasi (Asop) Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto berpusat di Mako Koarmada II, Surabaya.

Danpuspenerbal Laksda TNI Edwin, S.H., M. Han.,  menyatakan bahwa Wanbangopstik ini merupakan forum strategis bagi para Perwira TNI AL dalam melakukan pengkajian, pengembangan, dan pengujian doktrin-doktrin TNI AL. Dengan diadakannya Wabangopstik ini akan dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran baru yang berkaitan dengan tugas pokok TNI Angkatan Laut.

"Forum ini merumuskan pola operasi dan taktik  serta pengembangannya dengan menguji coba konsep operasi peperangan matra laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut, Jelas Danpuspenerbal".

TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan negara di laut sesuai undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, pada pasal 9, Angkatan Laut bertugas melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan.

Pada Sidang Wanbangopstik tahun 2021 ini bertemakan "TNI Angkatan Laut melaksanakan sidang Wanbangopstik ke-76 tahun 2021 di Koarmada II guna menyusun petunjuk operasional dan taktis dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut".

Sidang Wanbangopstik ini direncanakanakan dilaksanakan dua kali dalam setahun. Hal ini, dilakukan guna mengakomodasi tingginya dinamika operasional Angkatan Laut. TNI AL dituntut mampu mengatasi berbagai bentuk tantangan yang semakin kompleks dan dinamis.

Pada wanbangopstik ke-76 ini akan dibahas enam petunjuk sebagai berikut petunjuk penyelenggaraan latihan Koarmada, petunjuk penyelenggaraan latihan Kormar, petunjuk penyelenggaraan latihan Kolinlamil, petunjuk penyelenggaraan latihan Kodiklatal, petunjuk penyelenggaraan latihan Puspenerbal dan petunjuk penyelenggaraan latihan Pushidrosal. 

Sidang Wanbangopstik yang dilaksanakan secara vidcon ini diikuti oleh Kotama-kotama TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia. Dalam sidang Wanbangopstik tahun 2021 ini, danpuspenerbal didampingi oleh, Ir Puspenerbal, Dirrenbang Puspenerbal, Dirops Puspenerbal, Dirpers Puspenerbal, Danwing Udara 2, Kafasharkan Pesud, Dankolat Penerbal dan para Danron Wing Udara 2(red).
Sumber : Kabagpen  Puspenerbal.(AD)