KRI Diponegoro-365 Latihan Passex Bersama Kapal Perang Singapura -->

Iklan Semua Halaman

KRI Diponegoro-365 Latihan Passex Bersama Kapal Perang Singapura

Redaksi
Kamis, 10 Juni 2021

Surabaya - Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Diponegoro-365 dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, melaksanakan Passing Exercise atau Latihan Passing bersama kapal perang The Republic of Singapore Navy (RSN) yakni RSS Tenacious 71, yang digelar di Laut Jawa pada Rabu (9/6).

Passing Exercise (Passex) adalah latihan yang dilakukan antara dua angkatan laut ketika Kapal perang salah satu negara melewati wilayah laut dari salah satu kedua negara tersebut. Dengan kata lain, Passex memiliki tujuan untuk melatih kerjasama antara dua angkatan laut.

Sementara itu Komandan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Adam Tjahja mengungkapkan bila Latihan Passex yang dilaksanakan oleh prajuritnya, merupakan himbauan dari Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P.,M.Tr.(Han) terkait implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. di bidang Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi, yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Dalam latihan Passex antara KRI Diponegoro dengan RSS Tenacious 71, keduanya melaksanakan materi latihan berupa _Oowex (Manuver), Syntex 501 (Publication Exercise),  dan Navcomex 202 (Flashing Exercise)_.

Untuk skenario latihan, diawali dengan pertemuan antara kedua kapal perang pada titik RV yang disepakati, selanjutnya  KRI Diponegoro membuka komunikasi melalui chanel 16 kepada RSS Tenacious, yang merupakan prosedur tetap untuk dilaksanakan ketika berpapasan dengan kapal perang asing. Dalam komunikasi tersebut, KRI Diponegoro  memberikan informasi tentang hak dan kedudukan lintas damai oleh kapal perang asing di Laut Teritorial dan Perairan Antar Kepulauan, sesuai protap TNI AL, hukum serta konvensi internasional (UNCLOS 1982 & CUES).

Setelah komunikasi ditanggapi dengan baik oleh RSS Tenacious, kedua kapal perang selanjutnya melaksanakan Latihan Manuvra dan Keperwirajagaan (OOWEX-COMEX), dengan penanggung jawab latihan ada di pihak RSS Tenacious. Selang satu setengah jam kemudian, giliran KRI Diponegoro menjadi penanggung jawab latihan (Officer Conducting Serial/OCS) dalam pelaksanaan serial Latihan Publikasi Taktis (NAVCOMEX 332). 

Setelah matahari terbenam, keduanya kembali melanjutkan serial Latihan Isyarat Komunikasi Cahaya (FLASHEX). Dan bagian akhir dari Latihan Passex antara TNI AL bersama RSN adalah dengan  melaksanakan pengawalan dan pembayangan sampai dengan  pulau-pulau Masalembo, lalu  diakhiri dengan Farewell Message. RSS Tenacious pun melanjutkan perjalanan kembali ke pangkalannya.(Pen2)