Koarmada II Panen Raya Ikan Bandeng Hasil Ketahanan Pangan Mandiri* -->

Iklan Semua Halaman

Koarmada II Panen Raya Ikan Bandeng Hasil Ketahanan Pangan Mandiri*

Redaksi
Jumat, 25 Juni 2021

Surabaya - Sebagai bagian dari kegiatan ketahanan pangan khususnya di Bidang Perikanan, Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P.,M.Tr.(Han) melaksanakan panen raya Ikan Bandeng  di Lahan Ketahanan Pangan Koarmada II, yang berlokasi di Jalan Semampir Baru pada Jumat (25/6).

Dalam kesempatan tersebut Pangkoarmada II tidak sendirian, ikut serta mendampingi  yakni Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Bapak Mohammad Gunawan Saleh. Dan disaksikan oleh Komandan Lantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, Irkoarmada II, Kapok Sahli Koarmada II, Danguspurla Koarmada II, Danpuskopaska , juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Surabaya, Kepala Dinas UPT Kelautan, Perikanan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, serta para pejabat utama dan kasatker di jajaran Koarmada II.

Terkait budi daya Ikan Bandeng yang dilaksanakan di lahan ketahanan pangan Koarmada II, Kepala DKP Mohammad Gunawan mengungkapkan jika Bandeng  yang mempunyai nama Latin Chanos Chanos memiliki banyak manfaat bagi siapa pun yang mengkonsumsinya. " Karena mengandung banyak nilai gizi yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, merawat tulang dan gigi, merawat fungsi ginjal dan mencegah jantung koroner, serta penting untuk kesehatan balita, anak-anak dan ibu hamil, " ungkapnya.

Pada bagian lain, Pangkoarmada II dalam sambutannya menyampaikan jika keberadaan lahan ketahanan pangan di lingkungan Koarmada II tidak lepas dari dampak meningkatnya kasus Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Namun program ketahanan pangan yang diperintahkan oleh Pemimpin TNI terhadap semua angkatan ini tidak hanya untuk mengatasi dampak Covid, tapi juga untuk kelangsungan masa depan para prajurit.

" Koarmada II melalui Satgas Ketahanan Pangan, melaksanakan progran tersebut dengan memanfaatkan lahan yang tersedia melalui program Pekarangan Pangan Lestari, dengan didukung kegiatan bimtek, pelatihan dan praktek budidaya perikanan dan pertanian yang patut kita apresiasi karena berkaitan erat dengan ketahanan sosial  dan stabilitas ekonomi serta ketahanan nasional sebagai syarat mutlak bagi pembangunan nasional," tegas Laksda Iwan.

Usai menyampaikan sambutannya,  Pangkoarmada II  didaulat untuk menyerahkan  sertifikat  Bimbingan Teknis dan pelatihan Budidaya Perikanan kepada dua perwakilan peserta. Selanjutnya sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di lingkungan Koarmada II, secara simbolis Kepala DKP Jatim menyerahkan 5.000 bibit Ikan Nila kepada Pangkoarmada II yang kemudian diserahkan kepada Kadispotmar Kolonel Laut (P) M.Bayu Pranoto selaku  Komandan  Satgas Ketahanan Pangan Koarmada II untuk dibudidayakan.

Sementara itu di tambak air tawar, sebanyak 25.000 benih Ikan Bandeng siap dipanen setelah sebelumnya selama tujuh bulan dirawat dan dipelihara dengan menggunakan metode tradisional. Menggunakan jaring ikan, secara antusias Pangkoarmada II bersama Kepala DKP Jatim memanen Ikan Bandeng tersebut. Hal yang sama juga diikuti oleh para pejabat lainnya secara bergantian.(Pen2)