Forkopimda Aceh Barat Peringati Hari Lahir Pancasila Bersama Presiden RI Secara Virtual -->

Iklan Semua Halaman

Forkopimda Aceh Barat Peringati Hari Lahir Pancasila Bersama Presiden RI Secara Virtual

Redaksi
Selasa, 01 Juni 2021

Aceh Barat - Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah guna mencegah, mengendalikan dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid - 19 di lndonesia, maka Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., bersama unsur Forkopimda mengikuti Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual kombinasi yang berlangsung di Ruangan Rapat Bupati Aceh Barat Jalan Gajah Mada Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (1/6/2021)

Upacara yang diselenggarakan secara daring atau online tersebut diikuti oleh beberpa Pimpinan Daerah Aceh Barat diantaranya adalah Bupati H. Ramli MS., Kasrem 012/TU Letkol Kav Nurul Diyanto, S.Pd., Wabup Drs. Banta Puteh Syam, S.H., M.H., Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., Kapolres AKBP Andrianto Argamuda, S.I.K., Kajari Meulaboh Firdaus, S.H., M.H., M.M., MI.Kom., Kepala PN Meulaboh Muhammad Kasim, S.H., M.H., Ketua Mahkamah Syariah Syahril, S.H.l., M.H., Sekdakab Marhaban, S.E., Ketua MPU Tgk. Abdul Rani Ardian, Ketua MAA Syahiddin dan Danpos AL Letda Laut Popy Yulianto.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi ini mengusung tema "Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk lndonesia Tangguh".

Dalam pelaksanaannya, Upacara dipusatkan di Gedung Pancasila yang disiarkan langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, lnstagram BPIP dan siaran online lainnya dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid - 19.

Bertidak sebagai lnspektu Upacara adalah Presiden RI lr. H. Joko Widodo, Pembaca Teks Pancasila Ketua MPR Rl H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., Pembaca UUD 1945 Ketua DPR Rl Dr. (H.C) Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi, S.l., Kom.

Dalam amanatnya, Presiden Rl lr. H Joko Widodo mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus benar - benar bisa dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai - nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sejak Republik ini berdiri, Pancasila sudah menyatu. Namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Saat ini yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, nilai - nilai dan ldeologi. Untuk ldeologi Trans Nasional cenderung semakin meningkat memasuki lini kehidupan masyarakat dari berbagai cara dan strategi", ucap Jokowi

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa perkembangan lptek bisa mempengaruhi Lenskap kontestasi ldeologi. Revolusi 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

"Ketika konektifitas VlBG melanda dunia, maka interaksi antar dunia akan semakin mudah dan cepat. Namun kemudahan ini bisa dimanfaatkan oleh ldeologi Trans Nasional Radikal untuk merambah keseluruh pelosok lndonesia, kalangan hingga usia yang tidak mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ldeologiTrans Nasional Radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan destrupsi teknologi ini", tambah Jokowi

Dalam momen Hari Lahir Pancasila ini, Presiden Rl mengajak seluruh Aparat Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda dan seluruh rakyat lndonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai - nilai Pancasila dalam mewujudkan lndonesia maju yang di cita - citakan.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara", tegas Jokowi mengakhiri amanatnya.(Red)