Audit Kinerja Itjenal,Koarmada III Terapkan Prinsip Manajemen Dalam Pelaksanaan Kegiatan -->

Iklan Semua Halaman

Audit Kinerja Itjenal,Koarmada III Terapkan Prinsip Manajemen Dalam Pelaksanaan Kegiatan

Redaksi
Kamis, 03 Juni 2021

Surabaya - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) mengatakan, dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban, Komando Armada III berupaya menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam pelaksanaan program dan kegiatan secara terencana dan terukur mulai tahap perancanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. 

Namun demikian, dalam pelaksanaan program dan kegiatan tersebut tidak tertutup kemungkinan masih terdapat kekurangan secara administratif," kata Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) dalam sambutannya pada acara pembukaan Audit Kinerja Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Laut (Itjenal) di Mako Koarmada III Jalan Yos Sudarso Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (2/6/2021).

Untuk itu, Pangkoarmada III menegaskan kepada pejabat utama Koarmada III mendukung tugas-tugas Tim Audit Kinerja Itjenal dengan memberikan laporan yang akurat dalam rangka peningkatan kinerja dan tindakan preventif sekaligus evaluasi pelaksanaan kegiatan di Koarmada III.

Kehadiran tim audit kinerja Itjenal memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar untuk mengetahui pelaksanaan tugas dan fungsi Satker dari aspek ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomi (2K3E) dalam rangka memberikan penilaian atas pencapaian kinerja yang telah ditetapkan dalam program kerja dan anggaran masing-masing entitas.

"Keberadaan lembaga audit kinerja merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja suatu organisasi sebagai realisasi Reformasi Birokrasi guna mendukung kebijakan pemerintah yang bersih dan berwibawa atau clean government dan good governance.

Sementara itu, Irjenal Laksma TNI Sunaryo, C.Fr.A.,  pada Taklimat Awal Audit Kinerja yang dibacakan Iropslat Itjenal Laksma TNI Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C.Fr.A., menegaskan bahwa kegiatan audit kinerja Itjenal di           Koarmada III ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan  program  kerja   dan   anggaran yang sudah, sedang   dan   akan dilaksanakan   guna memberikan keyakinan memadai, sehingga tugas pokok Koarmada III dapat tercapai sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis.

Pada kesempatan ini, Irjenal menginformasikan bahwa penilaian Kemenpan RB terhadap implementasi reformasi birokrasi   guna   mewujudkan    Wilayah   Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kemhan/TNI mendapat nilai 69,11 kategori "B" baik. Nilai tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

"Diharapkan Koarmada III dapat selalu membangun tata laksana pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government) serta melaksanakan realisasi pembangunan Zona Integritas (ZI), menuju WBK dan WBBM," ujarnya.

Taklimat Awal Audit Kinerja Itjenal di Koarmada III dan jajaran dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, dan para pejabat utama Koarmada III. Selain itu juga diikuti secara virtual Komandan Guspurla Koarmada III Laksma TNI Retiono Kunto, S.E., beserta staf dan segenap pejabat utama Guskamla Koarmada III. 
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul kadir, M.A.P.(AD)